Toyota Avanza Terbaru Dipastikan Tetap Berpenggerak Roda Belakang

Berita Otomotif

Toyota Avanza Terbaru Dipastikan Tetap Berpenggerak Roda Belakang

TANGERANG SELATAN – Toyota Avanza terbaru dipastikan tetap menggunakan sistem penggerak roda belakang karena inilah yang dinilai sebagai salah satu keunggulan low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut.

Kapan Avanza terbaru meluncur menjadi salah satu pertanyaan terbesar dari para wartawan otomotif nasional kepada Toyota. Pasalnya, terakhir kali Avanza merilis generasi baru adalah tujuh tahun lalu dan persaingan di segmen LMPV semakin ketat dengan kehadiran Mitsubishi Xpander plus Wuling Confero sejak Agustus 2017.

Toyota sendiri sempat membeberkan bahwa mereka akan meluncurkan mobil-mobil di segmen sedan, MPV, serta mungkin SUV sebelum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April – 5 Mei nanti. Namun, belum diungkapkan apakah MPV itu adalah Avanza versi teranyar.

Di tengah ‘misteri’ waktu peluncuran Avanza termutakhir, pabrikan asal Jepang ini menegaskan bahwa salah satu tulang punggung penjualan mereka di Indonesia tersebut kelak masih dipersenjatai sistem penggerak roda belakang. Pernyataan ini mengemuka di tengah adu klaim keunggulan sistem penggerak roda belakang versus sistem penggerak roda depan antara Avanza dengan Xpander.

Sebelum pernyataan ini keluar, salah satu pabrikan terbesar dunia tersebut hanya menjelaskan bahwa mereka masih studi mengenai sistem penggerak roda yang akan dipakai oleh Avanza terbaru nanti. Kini, kemungkinan mengganti sistem penggerak roda berbeda ditutup rapat-rapat karena konsumen masih amat mengapresiasi spesifikasi saat ini.

“Sekarang kami mengonfirmasi bahwa dengan situasi penjualan seperti sekarang, dengan penjualan masih bisa bertahan di kisaran 7.000 unit. Enggak mungkin karena kompetitor memakai penggerak roda depan lalu kami memindahkan ke sistem penggerak seperti itu juga. Kalau kami pindahkan sistem penggerak ke depan, konsumen yang 6.000 – 7.000 unit sebulan mau kami pindahkan ke mana?,” papar Fransiskus Soerjopranoto, Executive General PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Lebih lanjut, penjualan Avanza pada semester pertama 2018 menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) adalah 39.455 unit, turun 36,99 persen dibanding periode sama tahun lalu yang mencapai 62.615 unit. Meski begitu, Avanza masih menjadi mobil terlaris kedua di Tanah Air, di bawah Xpander. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar