Toyota Avanza Didukung Sasis Unibody yang Punya Banyak Keunggulan

Review

Toyota Avanza Didukung Sasis Unibody yang Punya Banyak Keunggulan

JAKARTA – Toyota Avanza adalah Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan berbagai inovasi, salah satunya pada sasis.

Biasanya, sebuah model pasti akan mengusung salah satu dari dua tipe sasis yaitu antara ladder frame atau monocoque. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mempengaruhi kemampuan mobil.

Sasis ladder frame, yang terpisah dari bodi, lebih tangguh dan tahan terhadap guncangan tapi mempunyai tingkat vibrasi lebih tinggi daripada monocoque. Sementara, monocoque, yang menyatu dengan bodi, memberikan kenyamanan serta stabilitas lebih pada penumpang namun kurang 'tahan banting'.

Adapun Avanza, menurut data dari Toyota, menggunakan inovasi yang mereka sebut sebagai ‘Sasis Unibody’. Sasis bagian tengah ke depan menggunakan ladder frame, sedangkan separuh ke belakang memakai tipe monocoque. Keunggulan yang terdapat pada dua tipe sasis ini pun dapat dipadupadankan di Avanza.

Toyota menilai Sasis Unibody cocok dengan sistem penggerak roda belakang milik Avanza. Pasalnya, sasis Unibody mempunyai keunggulan-keunggulan seperti daya tahan lebih baik serta memiliki kemampuan lebih dalam menahan beban. Ini penting karena MPV memang diciptakan sebagai mobil yang harus siap mengangkut banyak muatan, bukan hanya orang tapi juga barang.

Toyota menyatakan bahwa Avanza, saat di isi oleh tujuh penumpang, masih nyaman saat melaku di jalan-jalan Indonesia yang memiliki kondisi sangat beragam. Sasis Unibody mampu pula mengurangi bunyi serta getaran yang diakibatkan oleh permukaan jalan bergelombang atau tidak rata.

Sasis Unibody milik Avanza juga dipadu dengan teknologi GOA (Global Outstanding Assessment) Body. Hasilnya, struktur ini dapat lebih melindungi seluruh penumpang. Perjalanan jauh bersama keluarga pun terasa lebih aman.

Keuntungan lain dari teknologi bodi satu ini adalah kapabilitasnya untuk membuat manuver dan handling Avanza tetap baik sehingga menjaga kenyamanan keluarga tetap maksimal. Kenyamanan bermanuver dan handling dapat diraih tanpa perlu mengurangi kapasitas beban yang diangkut. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual