Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Tips Cegah Penularan Virus Corona dalam Ruang Tertutup Seperti Mobil

Panduan Pembeli

Tips Cegah Penularan Virus Corona dalam Ruang Tertutup Seperti Mobil

JAKARTA – Pandemi virus Corona saat ini menjadi perhatian paling besar di seluruh dunia. Cara terbaik tidak tertular menurut pemerintah saat ini adalah diam di rumah, tapi kadang kita harus bepergian karena alasan amat mendesak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyarankan agar masyarakat, jika harus bepergian, menggunakan kendaraan pribadi. Karena itu, sistem ganjil-genap di Ibu Kota sejak 16 Maret 2020 sampai dua pekan ke depan tidak berlaku agar masyarakat bisa leluasa bepergian menggunakaan mobil pribadi.

Namun, risiko tetap masih ada. Virus Corona masih berpotensi masuk ke dalam mobil pribadi, setelah kita beraktivitas di luar.

Kabin mobil adalah ruang tertutup yang membuatnya justru makin rentan menjadi sarana penularan, jika virus Corona telah ‘menyusup’. Ada beberapa tips mencegah para pengemudi dan penumpang terinfeksi virus ini yang disunting serta disarikan dari keterangan resmi Auto2000 beberapa waktu lalu.

1. Bawa Hand Sanitizer, Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir
Tangan dikatakan sebagai salah satu ‘pengantar’ virus Corona ke dalam tubuh. Karena itu, wajibkan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah menyetir.

Tentu, paling baik adalah mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Tapi, tidak setiap saat kita bisa membersihkan diri dengan air.

Karena itu, bawalah hand sanitizer ketika mengemudi. Setidaknya bawalah botol dengan ukuran 60-100 ml.

2. Pakai Masker
Setiap orang yang berada di dalam mobil wajib memakai masker jika merasa batuk, pilek, dan demam. Virus Corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersih. Pemakaian masker amat vital karena kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang hanya berputar di dalam mobil.

3. Rutin dan Rajin Bersihkan Kabin Mobil
Kita tidak pernah tahu apakah ada percikan air liur dari batuk atau bersin penumpang yang menempel di dalam kabin. Apalagi jika ia tidak menggunakan masker dan hanya menutup mulut dengan bagian dalam siku tangan ketika melakukan itu.

Oleh sebab itu, di saat seperti ini tidak berlebihan jika kita selalu membersihkan kabin mobil. Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil.

Untuk bahan kulit, bisa menggunakan leather cleaner. Setidak-tidaknya, bersihkan kabin setiap pagi sebelum mengemudi.

4. Jaga Kondisi Tubuh
Tentu, kondisi tubuh harus tetap dijaga. Sistem kekebalan tubuh yang baik memperkecil potensi kita mudah terserang penyakit.

Istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika ada gejala terjangkit virus Corona.

5. Servis dari Rumah
Manfaatkan fasilitas servis dari rumah yang disediakan dealer mobil Anda, termasuk Auto2000. Jika melakukan servis di dealer, Auto2000 sendiri punya layanan berbasis digital seperti Chatbot Tasia, Auto2000 Mobile untuk bisa memantau perkembangannya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support