Test Drive Wuling Cortez CT, Godaan Mesin Turbo 1.5-Liter

Review

Test Drive Wuling Cortez CT, Godaan Mesin Turbo 1.5-Liter

BANDUNG - Wuling Cortez CT menawarkan paket lengkap sebuah MPV, performa mesin turbo 1.5-liter jadi sorotan utama.

Jika sebelumnya Mobil123.com cukup puas dengan performa Wuling Cortez bermesin 1.8-liter dan transmisi i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmision), kali ini giliran Cortez CT.

Varian top of the line yang diluncurkan di Indonesian International Motor Show (IIMS) 2019 April lalu ini menyuguhkan perbedaan yang cukup menggoda yakni mesin turbo 1.5-liter dan transmisi CVT. Kombinasi sistem penggerak ini telah juga digunakan oleh SUV andalan Wuling yakni Almaz. 

Pusat kekuatan Cortez CT sendiri punya keluaran tenaga 140 hp pada putaran 5.200 rpm serta torsi 250 Nm di rentang putaran 1.600-3.600 rpm. Wuling tergolong jeli menyikapi trend belakangan ini, menempatakan mesin berkapasitas kompak namun memiliki tenaga serta torsi yang pas untuk penggunaan beragam kondisi jalan.

Bila dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya Toyota Innova, komposisi tenaga dan torsi Cortez CT jauh lebih baik. Untuk diketahui, Innova dengan mesin 2.0-liter punya tenaga dan torsi lebih kecil, 130 hp serta 180 Nm.

Lalu bagaimana dengan unjuk kerjanya ?

Mobil123.com mencoba memaksimalkan dengan mengujinya melewati beragam kondisi jalan. Mulai dari jalan-jalan perkotaan yang padat, tol hingga jalur-jalur pegununggan yang ada antara Jakarta - Subang hingga Bandung.

Dalam kondisi perkotaan, Cortez CT cukup lincah bermanuver. Sesuai kebutuhan, Mobil123.com dapat dengan mudah melewati kendaraan lain, tenaga terasa mudah digapai saat menyentuh ujung pedal dalam kondisi stop and go.

Sedikit catatan, ada sedikit gelala leg saat pedal gas diinjak dalam-dalam secara mendadak. Untuk sepersekian detik mobil tidak bergerak, namun ketika rpm sudah pada puncak tenaga, Cortez CT akan melaju dengan baik. Dalam kondisi ini yang perlu Anda perhatikan tentunya menjaga putaran mesin. 

Kondisi yang sama tentunya akan Anda temukan saat melewati jalan-jalan pegunungan seperti di daerah Tangkuban Perahu hingga Lembang. Dan lagi-lagi, saat Anda telah beradaptasi, Cortez CT akan begitu nikmat untuk dikendarai.

Mobil123.com kemudian mencoba mengeksplore kecepatan di jalan tol Cikampek - Cipali yang tergolong lenggang saat itu. Cortez CT dapat dipacu maksimal. Praktis laju mobil tampak superior jika dibandingkan MPV-MPV lain yang punya kapasitas mesin 1.5-liter hingga 2.0-liter yang umum ditemukan di jalan.

Pada kesempatan ini, kecepatan maksimal yang dapat digapat hingga 150 km/jam. Sejatinya Cortez CT bisa terus dipacu, namun Mobil123.com tetap mengedepankan keselematan berkendara di jalan dan rasanya hingga kecepatan ini sudah paling pas untuk mencapai tujuan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support