Test Drive All New Suzuki Carry, Membuktikan Kesaktian I.L.M.U Sang Raja

Review

Test Drive All New Suzuki Carry, Membuktikan Kesaktian I.L.M.U Sang Raja

MAKASSAR - All new Suzuki Carry berhasil membuktikan keunggulannya saat di uji dalam beragam medan jalan dan kondisi pengendaraan di wilayah Makassar.

Suzuki Carry berhak disebut sebagai salah satu mobil yang melegenda di Indonesia. Sepak terjangnya selama puluhan tahun menjadi bukti sejarah yang tidak mudah untuk diikuti jejaknya oleh mobil-mobil di Indonesia, termasuk para kompetitornya, hingga Label Rajanya Pick-up kemudian melekat erat pada Carry.  

Dan seperti kita ketahui, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari kendaraan komersial ringan Suzuki ini. Para penggemar kultural kemudian langsung menyerbunya, catatan penjualan dalam satu bulan kemunculannya sudah mencapai 2.600 unit.

Kapasitas Angkut dan Interior


Mobil123.com baru-baru ini berkesempatan untuk menguji langsung performa dari all new Carry. Rute yang ditempuh cukup menantang dengan ragam karakter jalan, mulai dari kota Makassar menuju dataran tinggi Malino via kawasan pertambangan Parangloe.

Sebelum perjalanan dimulai, all new Carry terlebih dulu diberi beragam muatan. Bak dengan ukuran panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 425 mm dipenuhi dengan beragam jenis barang dengan perkiraan berat di bawah 1 ton.

Secara umum penantaan barang bisa dilakukan dengan baik. Konsumen dapat memanfaatkan pengait di sekeliling bak yang berjumlah 12 pada tipe Flat Deck dan 22 pada tipe Wide Deck.

Mobil123.com mengambil kesempatan pertama berada di balik kemudi. Secara umum tidak butuh lama untuk mendapatkan posisi duduk paling pas. Khusus pengemudi kursi bisa disetting maju mundur agar dapat menyesuaikan posisi kaki dengan pedal dan roda kemudi.

Secara umum kabin cukup lapang. Dua orang rekan media nasional kemudian masuk di kabin dan dengan tinggi rata-rata orang dewasa tergolong bisa duduk dengan baik. 

Satu catatan hanya muncul dipenumpang tengah yang posisi kakinya agak mentok dengan konsol dasbor tengah persis di bawah tuas pengaturan AC. Selebihnya ruang kabin boleh dibilang mampu menempung 3 orang dewasa.

Dasbor sendiri memiliki bentuk yang unik karena bak mirroring antara bagian kiri dan kanan. Ini sepertinya terkait dengan sasaran ekspor dari all new Carry ke 100 negara, dengan desain sedemikian tentu mudah untuk melakukan perpindahan stir kiri dan kanan.

Dasbor juga memiliki beberapa tempat penyimpanan barang yang bermanfaat untuk menaruh handphone, berkas-berkas dokumen atau barang lainnya. Dan dengan AC serta head unit 1 DIN tentunya mampu memberikan rasa nyaman.

Performa dan Pengendalian


Salah satu yang menjadi daya tarik all new Carry adalah sektor mesin dan sistem penggeraknya. Mesin 1.5-liter berkode K15B dengan tenaga  95.6 hp di 5.600 rpm, torsi 135 Nm pada putaran 4.400 rpm ini sama dengan yang digunakan model Suzuki lainnya Ertiga dan juga generasi terbaru dari legenda lainnya 
yakni Jimny. 

Secara umum tenaganya cukup terasa pada berbagai rentang putaran mesin. Kuncinya tentu penggunaan gear yang tepat pada beragam kondisi agar tenaga dan konsumsi BBM-nya terus terjaga.

Dengan membawa beban cukup berat, all new Carry dapat melaju dengan mantap melewati jalan dengan beragam kondisi yang Mobil123.com lalu seperti menanjak, turun juga berkelok. 

Tak puas sampai situ, all new Carry juga diajak untuk melintasi jalan yang merupakan sungai berpasir dan berbatu di Parangloe. Selain mengandalkan tenaga dan torsi, karakter suspensi, ground clearence, radius putar hingga ramp break over angle 21,6 derajat plus electric power steering membuat gerakan pick-up ini cukup lincah.   

Mobil123.com juga sempat melewati jalan-jalan perkebunan teh di Malino. Jalan mukadam (tanah berbatu) tanjakan, turunan dan sempit dapat dilewati dengan baik. Setting suspensi juga terasa pas, mampu memberikan kenyaman dan terlebih tidak membuat barang di bak bergerak liar.

Dari perjalanan di atas dapat disimpulkan bahwa all new Carry memang memiliki I.L.M.U (I = Irti bensin dan perawatan, L = Lama umur pakainya, M = Muat banyak dan  U = Untung di ujung, karena harga jual kembalinya tinggi). Semua keunggulannya rasa pas untuk menunjang beragam bidang bisnis di Indonesia. [Ari]

Harga All New Suzuki Carry

Suzuki New Carry Pick Up FD

Rp 148.600.000

Suzuki New Carry Pick Up FD AC/PS

Rp 157.600.000

Suzuki New Carry Pick Up WD

Rp 149.600.000

Suzuki New Carry Pick Up WD AC/PS

Rp 158.600.000



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support