Tesla Tak Jadi Tutup Mayoritas Dealer Tapi Tetap Andalkan Jual-Beli Online

Berita Otomotif

Tesla Tak Jadi Tutup Mayoritas Dealer Tapi Tetap Andalkan Jual-Beli Online

CALIFORNIA - Tesla meralat kebijakan sebelumnya mengenai penutupan sebagian besar dealer di Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, seluruh order tetap dilakukan secara online.

Seperti diketahui, pabrikan mobil listrik ini pada awal Maret mengumumkan pemberhentian operasi mayoritas dealer di negara asal mereka di AS dan beralih sepenuhnya pada penjualan online. Hanya sebagian kecil outlet yang buka sebagai ruang pamer di lokasi-lokasi ramai.

Itu dilakukan demi menurunkan harga jual kendaraan-kendaraan mereka, khususnya Model 3 yang diandalkan sebagai pendulang volume.

Namun awal pekan ini diberitakan bahwa Tesla mengoreksi pengumuman itu. Mereka akan membuka dealer dengan jumlah yang ‘secara signifikan lebih banyak dibanding pemberitahuan sebelumnya’.

Pabrikan yang didirikan Elon Musk tersebut juga menerangkan pihaknya ‘mengevaluasi secara serius setiap dealer’. Ada sekitar 20 persen dealer saat ini sedang dalam studi. Nasib mereka bakal diputuskan dalam beberapa bulan ke depan.

Outlet-outlet dengan ‘visibilitas tinggi’ bakal tetap dioperasikan. Meski begitu, mereka akan berbisnis dengan jumlah pegawai lebih sedikit jika performa mereka tidak sesuai ekspektasi.

Jumlah dealer Tesla di seluruh penjuru ‘Negeri Paman Sam’ adalah 378 outlet, sebelum penutupan terjadi.

Naik Harga
Dengan dibukanya lebih banyak dealer, biaya operasional tidak bisa ditekan seperti yang mereka ingingkan sebelumnya. Dengan demikian, Tesla tidak jadi menurunkan harga jual seluruh model yang mereka pasarkan.

Malahan, mereka menaikkan banderol hampir seluruh model. Hanya Model 3 yang tidak diutak-atik, tetap 35 ribu dollar AS (Rp 499,69 juta).

Adapun produk-produk Tesla yang meningkat harganya adalah Model S, Model X, Model Y, sekaligus versi lebih mewah dari Model 3. Secara rata-rata, kenaikan harga berkisar 3 persen.

Walau lebih banyak dealer yang tetap dibuka, Tesla menegaskan penjualan tetap dilakukan secara online. Staf outlet bakal membantu para konsumen melakukan pemesanan secara digital dan jaringan penjualan akan menyimpan stok unit dalam kecil bagi mereka yang ingin pengiriman lebih cepat.

Stok unit disediakan pula untuk keperluan test drive. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support