Merek Minuman Keras Tesla Diprotes Meksiko

Berita Otomotif

Merek Minuman Keras Tesla Diprotes Meksiko

KOTA MEKSIKO – Rencana Tesla membuat minuman keras bermerek Teslaquila mendapat respons cukup ‘galak’ dari industri tequila Meksiko, salah satunya mengenai penamaan merek.

Asosiasi industri tequila di Meksiko yaitu Consejo Regulador del Tequila (CRT), seperti diwartakan Automotive News pada akhir pekan ini, menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap merek Teslaquila. Menurut mereka, Teslaquila berpotensi menutupi nama asli dari minuman keras asal Meksiko tersebut.

Seperti diketahui, pada 12 Oktober, Elon Musk sang pendiri Tesla melalui akun Twitternya mengatakan bahwa tequila bermerek Teslaquila akan segera hadir. Ia juga mengunggah desain label Teslaquila.

Musk pun telah mendaftarkan nama tersebut di U.S Patent and Trademark Office (kantor hak paten Amerika Serikat). Teslaquila didefinisikannya sebagai ‘minuman keras dari penyulingan pohon agave’. Musk diketahui mendaftarkan pula nama ini di kantor hak paten Meksiko, Uni Eropa, Jamaika.

Lebih lanjut, CRT juga meminta Tesla nantinya menaati berbagai peraturan ketat yang sudah ditetapkan oleh mereka. Di antaranya adalah lokasi produksi yang mesti dilakukan di salah satu kota Meksiko seperti Guanajuato, Jalisco, Michoacan, Nayarit or Tamaulipas.

“Jika Tesla ingin membuat Teslaquila layak dianggap sebagai sebuah tequila, mereka perlu bekerja sama dengan produsen-produsen tequila yang sudah mendapat izin, mengikuti standar-standar tertentu dan meminta otorisasi merek dari Mexican Institute of Industrial Property,” tegas CRT melalui keterangan tertulis mereka.

Hingga berita ini diturunkan, Tesla belum menanggapi ‘kegalakan CRT’.

Pamor tequila sendiri saat ini semakin naik, seiring dengan pergeseran citranya dari minuman keras bagi masyarakat kelas bawah atau anak-anak muda yang belum stabil menjadi minuman beralkohol bagi kelas menengah ke atas. Bisnisnya pun makin anggap menjanjikan oleh perusahaan-perusahaan minuman keras besar.

Tahun lalu, Diageo Plc membeli Casamigos, merek tequila milik aktor George Clooney, seharga lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 14,64 triliun). Selanjutnya, Bacardi Ltd mengakuisisi produsen tequila Patron Spirits International seharga 5,1 miliar dollar AS (Rp  74,66 triliun). Jose Cuervo, produk tequila asli Meksiko, juga masuk ke lantai bursa dan mengumpulkan lebih dari 900 juta dollar AS (Rp 13.17 triliun). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support