Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tertangkap Kamera, Supir Truk Mabuk Seruduk Mobil dan Melarikan Diri

Review

Tertangkap Kamera, Supir Truk Mabuk Seruduk Mobil dan Melarikan Diri

RIO DE JANEIRO - Seorang pengemudi truk tertangkap kamera mengemudi ugal-ugalan dalam keadaan mabuk, sempat hampir mencelakai pengguna jalan lainnya.

Kejadian ini terjadi di Brazil, kemudian menjadi viral di sosial media karena terlihat cukup mengerikan. Korban tabrakan merekam langsung, mengabadikan dengan detail bagaimana mobilnya ditabrakan oleh truk oleh truk besar yang dikemudikan pria berusia 55 tahun dalam keadaan mabuk.

Dalam rekaman bisa disaksikan bahwa truk besar merk Volvo tersebut tengah berada di belakang mobil korban yang terus merekam kejadian. Kecepatannya cukup tinggi sehingga dirasa membahayakan dan terasa mengganggu. (Video ada di link berikut)

Beberapa saat kemudian, truk tersebut bermanuver di belakang mobil, berpindah jalur seakan ingin menyalip. Tak disangka ternyata truk tersebut menghantam bagian kiri belakang mobil.

Pada saat kejadian, meski panik, penumpang depan yang memegang kamera berusaha terus merekam kejadian. Hingga tak lama mobil yang ditumpanginya berhenti di sisi jalan. Beruntung tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Sementara setelah menambrak, pengemudi truk tersebut tampak melarikan diri dari tempat kejadian. Polisi dikabarkan akhirnya dapat menghentikan truk beberapa saat kemudian.

Polisi selanjutnya menguji sang pengemudi. Dan menemukan bahwa ia berkendara dalam keadaan mabuk berat di bawah pengaruh alkohol.

Dengan alasan privasi, petugas tidak menyebutkan identitas pengemudi. Yang jelas mereka membawanya di kantor polisi terdekat di mana dipastikan akan menghadapi masalah hukum cukup berat mulai dari kurungan, denda dan dicabutnya SIM untuk jangka waktu 12 bulan.

Bahaya Mengemudi Saat Mabuk

bahaya pengemudi mabuk
Jangan sekali-sekali mengemudi dalam keadaan mabuk atau setelah minum alkohol. Berikut adalah efek dari pengaruh minuman beralkohol terhadap kemampuan mengemudi seperti dikutip dari situs Science Netlinks:

Kurangi Kecepatan Bereaksi
Alkohol dapat membuat kemampuan refleks tubuh menjadi lambat. Alhasil, kecepatan bereaksi terhadap berbagai perubahan dan rintangan—baik yang mendadak muncul atau tidak—saat mengemudi juga berkurang sehingga berbahaya bagi sopir maupun pengguna jalan lain.

Mempersempit Visi
Alkohol dapat memperlambat fungsi otot mata, pergerakan mata, persepsi visual, hingga berpotensi membuat pengelihatan menjadi buram. Kemampuan pandangan di malam hari, pun persepsi warna juga dapat terganggu. Padahal, kemampuan pandang harus terjaga dalam kondisi bagus ketika mengemudi.

Mereduksi Kemampuan Memposisikan Barang/Benda di Jalan
Alkohol bisa mereduksi kemampuan menilai secara tepat posisi kendaraan lain, orang, rambu – rambu lalu lintas, tiang lampu, marka jalan. Ini berpotensi menyebabkan tabrakan.

Konsentrasi Buyar
Alkohol dapat menyebabkan buyarnya konsentrasi dan menghadirkan rasa kantuk. Tentu saja, dua hal ini tidak boleh terjadi ketika berkendara di jalan.

Menurunkan Kemampuan Mengambil Keputusan
Kemampuan mengambil keputusan dengan sigap amat dibutuhkan ketika mengemudi. Apalagi jika terjadi hal-hal darurat baik pada kendaraan maupun di jalanan. Sayangnya, kemampuan ini bisa berkurang gara-gara alcohol.

Mengacaukan Koordinasi Tubuh
Mengemudi tentu butuh koordinasi antara otak, mata, tangan, dan kaki. Alkohol dapat mengacaukan koordinasi anggota – anggota tubuh dan ini meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang