Tembus Pasar Senegal, Motor Listrik Gesits Sudah Dipesan 200 Orang!

Berita Otomotif

Tembus Pasar Senegal, Motor Listrik Gesits Sudah Dipesan 200 Orang!

THIES – Gesits, merek sepeda motor listrik asal Indonesia, berhasil menembus pasar Senegal. Ratusan orang di negara tersebut sudah memesannya.

Peluncuran resmi Gesits di Senegal, seperti dilaporkan situs resmi Kementerian Luar Negeri, berlangsung pada 8 Juni 2021 kemarin. Peluncuran Gesits di negara Afrika Barat tersebut merupakan salah satu wujud program ‘BUMN Go-Global'.

Motor listrik itu diproduksi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PT. Wika Industri Manufaktur/WIMA. Pabriknya berlokasi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Senegal Dindin Wahyudi, yang turut hadir dalam seremoni, mengatakan bahwa Gesits merupakan realisasi dari mimpi terhadap sebuah sepeda motor ramah lingkungan yang modern bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Ia mengajak negara – negara sahabat, termasuk Senegal, menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam kehidupan sehari – hari.

Dijelaskan bahwa sejauh ini ada lebih dari 200 warga Senegal yang mengisi formulir pemesanan Gesits. Unit-unitnya, menurut rencana, tiba di negara tersebut pada kuartal ketiga 2021.

KBRI Dakar bakal memfasilitasi dan memonitor distribusi Gesits dari Indonesia ke Senegal, agar tiba dengan baik sesuai jadwal.

Adapun orang pertama yang membeli Gesits di Senegal adalah Makhtar Ndiaye. Pria yang turut hadir dalam seremoni peluncuran Gesits itu merupakan Direktur Ndiaye Transport, pionir jasa taksi motor modern di Thies.

Gesits sendiri resmi meluncur di Indonesia pada 2019. Pameran IIMS dimanfaatkan sebagai tempatnya menjalani debut di depan publik Nusantara.

Motor listrik Gesits

Motor listrik dengan harga Rp20 jutaan ini dipersenjatai dua baterai lithium-ion berkekuatan 1,4 kWh. Berbekal dua baterai tersebut, jarak tempuh Gesits diklaim mencapai hingga 100 km.

Waktu pengisian energi baterai, dari kondisi 0 – 100 persen, memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam. Pengisian dalam waktu 30 menit sudah bisa menyediakan tenaga yang cukup untuk melaju sejauh 10 km.

Dindin berharap WIMA di masa depan dapat membuka pabrik Gesits di Thies. Ia menilai produksi lokal Gesits di sana akan membuatnya mampu menembus negara – negara lain di Afrika, khususnya Afrika Barat. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar