Ridwan Kamil Jajal Motor Listrik Gesits di Pabriknya, Mau Beli?

Berita Otomotif

Ridwan Kamil Jajal Motor Listrik Gesits di Pabriknya, Mau Beli?

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits. Di sana, ia tak lupa menjajalnya sendiri.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mendatangi pabrik listrik Gesits di Cileungsi, Bogor pada Selasa (27/4/2021). Selama di pabrik milik PT. Wika Industri Manufaktur itu, dia menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com melihat langsung proses produksi Gesits dan melakukan test ride.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Coba Motor Listrik Gesits

Dalam kata sambutannya, Kang Emil menyatakan bahwa pemerintah daerah mendukung tumbuhkembang mobil listrik dan motor listrik. Dalam 10 tahun dari sekarang, Jawa Barat akan menerapkan aturan yang mengharuskan penggunaan mobil listrik mencapai 30 persen dari populasi masyarakat Pasundan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sendiri sejak akhir 2020 sudah menggunakan mobil listrik sebagai salah satu kendaraan operasional. Mereka membeli dua unit Hyundai Ioniq serta satu unit Hyundai Kona EV.

Di sela – sela kunjungan ke pabrik Gesits, Kang Emil mengatakan alasan mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional adalah efisiensi biaya. Dengan kendaraan listrik, pemprov bisa menghemat uang yang dahulu biasa dipakai untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) hingga seperlimanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Kunjungi Pabrik Motor Listrik Gesits

Namun, hingga kini Pemprov Jawa Barat belum menggunakan motor listrik Gesits sebagai kendaraan operasional. Tidak jelas apakah Kang Emil berencana melakukannya setelah menjajalnya sendiri.

Satu yang pasti, dalam kata sambutannya, Kang Emil mengapresiasi PT. Wika Industri Manufauktur yang telah memproduksi motor listrik merek lokal.

Sekadar mengingatkan, Gesits resmi meluncur pada 2019 dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Motor ini, selain telah hadir dan dapat dipesan institusi pemerintah melalui E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), juga bisa dibeli masyarakat umum lewat dealer – dealer resmi maupun situs jual – beli online.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) alias komponen lokalnya saat ini mencapai 46,73 persen. Gesits juga sudah menggunakan komponen suku cadang dari Indonesia hingga 85 persen.

motor listrik Gesits

Gesits dapat dicas di steker listrik rumahan. Untuk menempuh 50 km, biaya daya listrik yang diperlukan diklaim hanya sekitar Rp2.000.

Motor berdaya maksimal 5 kW ini punya kecepatan puncak yang dibatasi sampai 70 km per jam, dengan tiga mode berkendara. Sumber energi berasal dari baterai Lithium NCM 1.44 KWh untuk satu baterai dan dapat menggunakan dua baterai agar dapat berjalan sejauh 100 km dalam kondisi terisi penuh.

Dengan pengisian 30 menit, Gesits dapat berjalan 10 km. Waktu pengisian dari 0 – 100 persen mencapai 3 – 4 jam. Fitur – fitur Gesits antara lain double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps, digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara.

Ada garansi baterai 3 tahun untuk para konsumen di Indonesia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar