Tak Disangka! Ini Model Daihatsu yang Jualannya Paling Meroket karena Diskon PPnBM

Berita Otomotif

Tak Disangka! Ini Model Daihatsu yang Jualannya Paling Meroket karena Diskon PPnBM

JAKARTA – Model Daihatsu yang paling tinggi pertumbuhan penjualannya setelah dapat insentif atau ‘diskon’ PPnBM bukan Terios maupun Xenia. Keduanya, secara persentase, masih kalah dari Luxio.

Sekadar mengingatkan, mulai Maret hingga Desember 2021 ada insentif PPnBM untuk mobil – mobil 1.500 cc ke bawah dan Daihatsu salah satu merek yang memenuhi syarat menerimanya. Ada pula insentif PPnBM mobil – mobil 1.501 – 2.500 cc mulai April – Desember, dengan syarat dan besaran potongan pajak berbeda.

Berkat kebijakan pemerintah ini, rata – rata penjualan retail bulanan Luxio pada Maret – Mei pun meroket 204 persen jika dibandingkan periode sebelum insentif (Januari – Februari). Ini pertumbuhan tertinggi dari lima kendaraan penumpang Daihatsu yang turun harga karena relaksasi pajak.

“Xenia…. 130 persen, Terios 175 persen, Gran Max minibus 151 persen, kemudian Luxio 204 persen,” papar Hendrayadi Lastiyoso, Customer Relations and Marketing PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) dalam konferensi pers virtual pada 17 Juni 2021.

Daihatsu Luxio

Satu model Daihatsu lagi yang masuk dalam daftar ‘penikmat’ diskon PPnBM adalah Rocky. Namun, SUV murah ini baru mengaspal pada akhir April sehingga belum bisa dikomparasikan.

“Sebagaimana diketahui, Rocky baru kami jual full month pada Mei. Jadi, penjualan retail pertamanya baru (bulan) kemarin,” tukas dia.

Bukan Volume Terbanyak

Jika bicara dari sisi volume penjualan, Luxio kalah telak dan menempati urutan paling bawah di antara lima model Daihatsu. Rata – rata transaksi jual – beli bulanannya hanya 286 unit per bulan.

Daihatsu Luxio

Di atas multi purpose vehicle (MPV) berbentuk mengotak ini secara berturut – turut bercokol Terios (2.004 unit per bulan), Xenia (808 unit), Rocky (505 unit), Gran Max minibus (486 unit).

Secara total, kelimanya menorehkan rata – rata penjualan bulanan 4.089 unit sepanjang Maret – Mei.

“Kalau dibandingkan antara rata – rata pada Januari – Februari dengan pada Maret – Mei, kenaikannya 163 persen,” tegas Hendrayadi.

Pada Januari – Februari silam, rata – rata penjualan retail merek asal Jepang ini untuk lima model di atas hanya 2.197 unit.

Adapun total penjualan retail Daihatsu pada Januari – Mei 2021 untuk seluruh model di pasar Indonesia mencapai 59.546 unit.

Volume tersebut belum mencapai level normal sebelum pandemi Covid-19, tapi sudah lebih tinggi 20 persen daripada periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Daihatsu menempati peringkat kedua merek mobil terlaris di Indonesia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar