Kabar Baik untuk Pembeli Mobil! Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang!

Berita Otomotif

Kabar Baik untuk Pembeli Mobil! Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang!

JAKARTA – Pemerintah memperpanjang insentif alias ’diskon' PPnBM 100 persen untuk mobil 1.500 cc ke bawah selama tiga bulan ke depan.

Diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) 100 persen untuk mobil baru rakitan lokal berkapasitas 1.500 cc ke bawah, dalam rencana sebelumnya, berlaku pada Maret – Mei 2021. Setelah itu, sejak 1 Juni – 31 Agustus 2021 mendatang, besarannya direduksi menjadi 50 persen dari tarif PPnBM normal.

Kemudian, pada September – Desember, insentif dikurangi lagi menjadi 25 persen dari tarif PPnBM normal.

Akan tetapi, Kementerian Keuangan menerima usulan Kementerian Perindustrian untuk meneruskan pembebasan tarif PPnBM hingga Agustus. Keputusan diambil dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (11/6/2021) di Jakarta.

Diskon PPnBM 50 persen pun mundur ke September – Desember. Tahapan diskon PPnBM 25 persen ditiadakan tahun ini.

Mitsubishi Xpander dapat insentif PPnBM pada 2021

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo yaitu diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi. Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Minggu (13/6), seperti dikutip dari keterangan resmi.

Industri otomotif, lanjut Agus, merupakan industri padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja. Menurut catatan Kemenperin, di dalamnya terdapat 21 perusahaan dengan total kapasitas produksi mobil 2,35 juta unit mobil per tahun.

Serapan tenaga kerja langsung mencapai 38 ribu orang. Adapun serapan tenaga kerja di sepanjang rantai suplai berjumlah 1,5 juta orang.

Daihatsu Rocky juga dapat insentif PPnBM pada 2021

“Artinya, industri otomotif menjadi salah satu penggerak perekonomian yang pertumbuhannya harus segera dipercepat karena industri ini melibatkan banyak pelaku usaha lokal dalam rantai produksinya mulai dari hulu hingga ke hilir,” paparnya.

Pemerintah juga memberikan insentif PPnBM bagi mobil – mobil rakitan lokal 1.501 – 2.500 cc. Akan tetapi, detail persyaratan, besaran insentif, maupun tahapannya berbeda dan hingga kini belum diinformasikan ada perubahan. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar