Mau Beli Rocky atau Terios di Masa Diskon PPnBM? Ini Lama Indennya Sekarang

Berita Otomotif

Mau Beli Rocky atau Terios di Masa Diskon PPnBM? Ini Lama Indennya Sekarang

JAKARTA – Inden 5 model Daihatsu yang mendapatkan diskon PPnBM 2021 sudah membaik yaitu paling lama dua bulan. Termasuk untuk Terios dan Rocky.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Maret – Desember 2021 pemerintah memberikan insentif alias ‘diskon’ PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) bagi model – model 1.500 cc ke bawah yang memenuhi syarat. Ada pula untuk model – model 1.501 – 2.500 cc pada April – Desember tahun ini, tapi dengan syarat dan besaran insentif PPnBM berbeda.

Lima model Daihatsu yakni Terios, Xenia, Luxio, Rocky, dan Gran Max minibus ikut menikmati insentif bagi mobil – mobil berkapasitas mesin kecil. Namun, peningkatan permintaan secara tiba – tiba tidak bisa benar – benar diikuti kemampuan produksi pabrik yang menurut drastis karena terdampak pandemi Covid-19.

mobil-mobil di pabrik Daihatsu

Dalam konferensi pers virtual pada April 2021, Daihatsu mengatakan inden model – model tersebut ada yang sampai tiga bulan. Akan tetapi, dalam konferensi pers virtual dua bulan setelahnya, kondisi dikatakan sudah membaik berkat usaha mereka meningkatkan kapasitas produksi usai Lebaran Idul Fitri.

“Kalau kita lihat, masa indennya ini sekarang sekitar 1 bulan, 1,5 bulan, sampai dengan 2 bulan,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Customer Relations and Marketing Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) pada 17 Juni 2021 via Zoom.

Ia mengakui masa tunggu tersebut lebih lama jika dibandingkan kondisi normal. Namun, kalau dikomparasi dengan inden model - model merek lain yang juga mendapatkan insentif, situasi Daihatsu lebih baik.

“Kalau dengan merek lain, ada yang harus menunggu lebih lebih lama lagi… Konsumen (Daihatsu) masih bisa menunggu dalam waktu relatif tak terlalu lama dibandingkan merek lainnya,” aku Hendrayadi.

Inden Terios, Luxio, dan Rocky Paling Lama

Inden Terios, Luxio, maupun Rocky menjadi yang paling lama. Untuk dua model yang disebutkan di awal, pengiriman unit baru terjadi 1,5 – 2 bulan setelah konsumen memesan.

Adapun inden Rocky mencapai 1 – 2 bulan. Ini SUV murah terbaru Daihatsu yang terdiri dari varian 1.0-liter turbo (meluncur April 2021) dan 1.2-liter (meluncur 17 Juni 2021).

Inden Xenia ‘hanya’ 1 - ,15 bulan. Demikian pula Gran Max minibus.

“Model Daihatsu yang mengalami peningkatan paling signifikan dalam hal permintaan itu Terios, sehingga indennya agak lama…. Luxio juga mengalami peningkatan paling signifikan di antara model – model lain, meski dari sisi jumlah (volume) lebih kecil daripada Terios dan Xenia,” kata Hendrayadi menjelaskan alasannya. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar