Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki Anggap LMPV China Belum Bisa Hadirkan Gengsi

Berita Otomotif

Suzuki Anggap LMPV China Belum Bisa Hadirkan Gengsi

JAKARTA – Suzuki melihat low multi purpose vehicle (LMPV) China belum bisa menghadirkan gengsi bagi para konsumen di segmen itu. Padahal, bagi mereka, mobil yang dianggap bisa menaikkan status sosial masih menjadi pertimbangan penting.

Seperti diberitakan sebelum, riset internal Suzuki memperlihatkan 80 persen konsumen LMPV masih memperhatikan apakah model yang mereka akuisisi dapat meningkatkan status sosial. Survei ini, menurut Suzuki, bisa menjelaskan salah satu alasan kenapa merek-merek besar yang sudah lebih dulu hadir masih menjadi pilihan utama.

“Jadi, kalau bicara kenapa merek-merek yang lebih established itu secara penjualan lebih banyak dan merek-merek baru masih struggle, ya, salah satunya karena pembelian mobil ini masih berkaitan dengan status sosial,” tukas Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menanggapi pertanyaan soal kehadiran merek-merek China di segmen mobil penumpang terfavorit Indonesia ini di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Hingga kini, LMPV asal China masih diisi oleh satu merek yakni Wuling Confero. Confero meluncur di Nusantara sejak 2 Agustus 2017.

Wuling bersaing dengan merek-merek besar yang sudah jauh lebih dulu berbisnis di Indonesia. Semua model LMPV selain Confero berasal dari merek Jepang yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Nissan Livina juga Ertiga.

Suzuki mengakui kehadiran LMPV China yang memberikan harga murah plus fitur lebih banyak serta canggih berpengaruh pula pada pemain-pemain lama. Menurut dia, siklus hidup dari sebuah model kendaraan yang ditawarkan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Merek asal Jepang tersebut merilis Ertiga generasi kedua pada April 2018, enam tahun setelah generasi pertamanya hadir di Tanah Air. Suzuki berjanji tiap tahun bakal memperbarui Ertiga.

Hasilnya adalah varian terbaru Ertiga Sport untuk generasi kedua pada Maret 2019. Antara Januari – Maret 2020, Suzuki berencana menerjunkan versi pembaruan selanjutnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang