Suzuki Anggap LMPV China Belum Bisa Hadirkan Gengsi

Berita Otomotif

Suzuki Anggap LMPV China Belum Bisa Hadirkan Gengsi

JAKARTA – Suzuki melihat low multi purpose vehicle (LMPV) China belum bisa menghadirkan gengsi bagi para konsumen di segmen itu. Padahal, bagi mereka, mobil yang dianggap bisa menaikkan status sosial masih menjadi pertimbangan penting.

Seperti diberitakan sebelum, riset internal Suzuki memperlihatkan 80 persen konsumen LMPV masih memperhatikan apakah model yang mereka akuisisi dapat meningkatkan status sosial. Survei ini, menurut Suzuki, bisa menjelaskan salah satu alasan kenapa merek-merek besar yang sudah lebih dulu hadir masih menjadi pilihan utama.

“Jadi, kalau bicara kenapa merek-merek yang lebih established itu secara penjualan lebih banyak dan merek-merek baru masih struggle, ya, salah satunya karena pembelian mobil ini masih berkaitan dengan status sosial,” tukas Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menanggapi pertanyaan soal kehadiran merek-merek China di segmen mobil penumpang terfavorit Indonesia ini di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Hingga kini, LMPV asal China masih diisi oleh satu merek yakni Wuling Confero. Confero meluncur di Nusantara sejak 2 Agustus 2017.

Wuling bersaing dengan merek-merek besar yang sudah jauh lebih dulu berbisnis di Indonesia. Semua model LMPV selain Confero berasal dari merek Jepang yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Nissan Livina juga Ertiga.

Suzuki mengakui kehadiran LMPV China yang memberikan harga murah plus fitur lebih banyak serta canggih berpengaruh pula pada pemain-pemain lama. Menurut dia, siklus hidup dari sebuah model kendaraan yang ditawarkan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Merek asal Jepang tersebut merilis Ertiga generasi kedua pada April 2018, enam tahun setelah generasi pertamanya hadir di Tanah Air. Suzuki berjanji tiap tahun bakal memperbarui Ertiga.

Hasilnya adalah varian terbaru Ertiga Sport untuk generasi kedua pada Maret 2019. Antara Januari – Maret 2020, Suzuki berencana menerjunkan versi pembaruan selanjutnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support