Toyota dan Suzuki Beraliansi, Siap Lahirkan Mobil Kompak Berteknologi Tinggi

Berita Otomotif

Toyota dan Suzuki Beraliansi, Siap Lahirkan Mobil Kompak Berteknologi Tinggi

TOKYO – Toyota Motor Corporation (TMC) dan Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan kerja sama membentuk aliansi modal. Ini dilakukan guna mempercepat pengembangan teknologi dan menghadapi perubahan besar yang terjadi di industri otomotif global.

Melalui kesepakatan ini Toyota akan membayar sekitar 96 miliar yen atau USD 910 juta untuk 4,94 persen saham Suzuki. Sebaliknya, Suzuki akan mengakuisisi sekitar 48 miliar yen saham di Toyota. Nominal ini setara dengan 0,2 persen saham Toyota pada harga penutupan di hari Rabu.

Proses akuisisi saham ini akan dilaksanakan setelah perusahaan memperoleh persetujuan dari otoritas persaingan asing.

Kedua perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka akan berkolaborasi dalam pengembangan dan promosi produk. Kerjasama ini akan menyatukan keunggulan Toyota dalam urusan teknologi elektrifikasi dan kehandalan Suzuki menghadirkan teknologi untuk kendaraan compact.

Dengan duet ini diharapkan keduanya dapat berjuang bersama mengikuti perkembangan industri otomotif yang begitu pesat. Hal ini juga didorong dengan pertumbuhan kendaraan listrik dan otonom yang semakin masif.

Toyota percaya dengan kolaborasi ini akan mampu memangkas pengeluaran untuk menyediakan komponen kendaraan listrik dan hybrid di Amerika Serikat, Tiongkok, dan Jepang. Sementara Suzuki mengatakan akan memanfaatkan 20 milyar yen untuk pengembangan teknologi baru. Sedangkan sisanya akan dipergunakan untuk menambah modal. [Hlm/Ari]



Helmi

Helmi

Debut resmi di Mobil123 pada kuartal ketiga 2019. Ketahui, pelajari, mengerti, kemudian berbagi, menjadi mottonya dalam menyajikan beragam informasi. Saya antusias dengan dunia otomotif.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support