Sebuah Mobil Listrik Meledak saat Dicharge

Panduan Pembeli

Sebuah Mobil Listrik Meledak saat Dicharge

SANMING - Sebuah mobil listrik meledak saat dicharge di kota Sanming, China Selatan, lalu apa penyebabnya?.

Rekaman video berikut ini menangkap sebuah momen ngeri-ngeri tidak sedap pada sebuah mobil listrik di stasiun pengisian. Mobil yang sayangnya tidak terlalu jelas terlihat pada gambar dikabarkan sedang dicharge oleh sang pemilik dan kemudian meledak.

Menurut kabar yang beredar disebutkan bahwa mobil listrik ini buatan BAIC Group. Ada yang menyebut BAIC EX360 atau mungkin juga salah satu dari model plug-in buatan BAIC lainnya.

Apapun mobilnya, kejadian ini dilaporkan bermula pada keluarnya asap sesaat sang pemilik mencolok konektor charger di stasiun pengisian daya listrik. Dengan sigap sang pemilik kemudian melaporkannya pada petugas pemadam kebakaran.

Dari video dari atas yang diambil oleh seseorang di apartemen dekat tempat kejadian, pemadam kebakaran kemudian melakukan penyemprotan dengan air persis di bagian belakang mobil, kemungkinan tepat pada posisi baterai. Tak lama berselang, mobil listrik tersebut kemudian meledak, menghasilkan bola api dan membuat panel-panel eksterior seperti pintu depan belakang sebelah kiri dan pintu bagasi berhamburan ke berbagai arah.

Sampai berita ini diturunkan, investigasi masih dilakukan oleh pihak berwenang di China. Belum dirilis secara resmi sebab-sebab terjadinya insiden yang beruntung tidak memakan korban.

Ada sedikitnya 2 catatan yang dapat dipetik dari kejadian ini. Pertama, melihat kondisi berbahaya dengan indikasi terbakar pada mobilnya, sang pemilik langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Dan para petugas pemadam pun bisa dengan cepat melakukan penanganan.

Kedua, dikabarkan pula petugas dalam menangani kasus yang terjadi pada mobil listrik ini berinisiatif menyemprotkan air langsung pada baterai. Konon, menggunakan air lebih efektif dibanding busa atau kimia kering lainnya jika terjadi insiden seperti ini pada mobil listrik.

Proses pengisian baterai tentu menghasilkan panas. Dan jika ada malfungsi baik pada alat charge atau baterai mobil listrik, langkah yang harus dilakukan adalah mendinginkannya. Terutama pada bagian baterai.

Terakhir, memasyarakatkan mobil listrik atau kendaraan listrik lainnya tentu sebuah hal yang sangat kompleks. Tidak hanya berbicara regulasi pajak, insentif, unit, maintenance hingga stasiun pengisian saja, infrasuktrur lain seperti langkah-langkah pengamanan atau SOP yang harus dilakukan oleh petugas jika terjadi kondisi darurat juga harus dipersiapkan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar