Hari Pertama Penggunaan Tol Layang Cikampek Berakhir Tanpa Kendala

Panduan Pembeli

Hari Pertama Penggunaan Tol Layang Cikampek Berakhir Tanpa Kendala

JAKARTA – Hari perdana pengoperasian Tol Layang Cikampek berlangsung tanpa kendala.

Seperti diketahui, Tol Layang Cikampek bisa dilalui mulai Minggu (16/12/2019) kemarin. Para penggunanya masih belum dipungut biaya, alias gratis.

“Saya belum menerima informasi (kendala) di lapangan setelah baru diresmikan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Senin (16/12/2019), seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Sebagai informasi, infrastruktur tersebut belum 100 persen rampung, tapi regulator menilai fasilitas ini telah aman digunakan. Pemerintah membukanya sebagai salah satu upaya memperlancar arus lalu lintas selama libur akhir 2019.

Ada beberapa ketentuan yang harus dicermati para penggunanya. Menurut Cucu Mulyana selaku Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Darat beberapa waktu lalu, hanya mobil kecil yang diperbolehkan masuk ke dalam Tol Layang Cikampek dan ada ketentuan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Lebih lanjut, Yusri menerangkan anggota Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, terutama dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), telah dipersiapkan berjaga di sepanjang Tol Layang Cikampek selama 24 jam. Ini agar segala isu dapat diketahui dengan cepat, seperti misalnya jika ada mobil mogok di tengah ruas tol layang terpanjang di Indonesia tersebut.

“Ada semua. Kami sudah antisipasi untuk mengalihkan kendaraan yang mau naik ke atas, juga nanti pada saat turun sudah diantisipasi ada petugas dari kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Jasa Marga,” papar dia.

Ketika disinggung perihal batas kecepatan 60 km/jam, Yusri menyatakan sepakat. Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sudah diatur mengenai batas kecepatan kendaraan.

“Iya harapan kita agar sesuai dengan aturan dahulu karena enggak boleh melebihi batas kecepatan ya, diharapkan kan memang dengan dibukanya jalan layang ini minimal mengurangi 30 kemacetan makanya semua harus tertib lalu lintas, harus tertib,” ucap Yusri.

Pemakaian gratis Tol Layang Cikampek hanya berlangsung beberapa bulan. Rencananya, pada akhir Januari atau awal Februari 2020, tarif sudah mulai berlaku. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar