8 Tangga Darurat Tol Layang Cikampek Bisa Digunakan Akhir Januari 2020

Berita Otomotif

8 Tangga Darurat Tol Layang Cikampek Bisa Digunakan Akhir Januari 2020

JAKARTA – Jika tak ada halangan berarti, delapan tangga darurat di Tol Layang Jakarta – Cikampek II sudah bisa difungsikan pada akhir Januari 2020.

PT. Jasa Marga, melalui akun Instagram resminya, pada akhir pekan kemarin mewanti-wanti pengguna ruas tol tersebut bahwa saat ini sedang ada pembangunan akses keluar-masuk darurat berupa tangga di delapan titik. Targetnya, pembangunan bakal rampung pada 31 Januari 2020.

Selama pengerjaan, ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Misalnya adalah pembuatan pondasi, pembobokan parapet/barrier, erection structure tangga darurat, hingga pembuatan akses atau tutupan tangga darurat.

Untuk pekerjaan minor seperti pembobokan parapet/barrier akan dilaksanakan situasional tergantung dengan kondisi lalu lintas. Sedangkan untuk pekerjaan erection struktur tangga darurat akan dilaksanakan pada window time, yaitu pukul 22.00 – 05.00 WIB.

“Kami mengimbau Kawan Jasa Marga dapat mengantisipasi perjalanan karena dengan adanya pekerjaan ini maka akan dilakukan pengaturan lalu lintas,” tulis mereka di akun @official.jasamarga.

Jasa Marga memohon maaf jika nantinya ada ketidaknyamanan pengguna ruas tol. Kendaraan-kendaraan yang melintas diharap tetap berhati-hati, mentaati arahan petugas di lapangan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta melakukan pembaharuan informasi lalu lintas yang akan dilalui melalui aplikasi perjalanan.

Sekadar mengingatkan, Tol Layang Cikampek baru saja diresmikan dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada penghujung 2019. Pengerjaannya belum rampung 100 persen, tapi dinilai sudah cukup aman dan layak untuk mulai dioperasikan pada akhir tahun demi membantu memperlancar arus lalu lintas pada masa libur Natal dan tahun baru.

Tol layang terpanjang di Indonesia tersebut bisa dilalui secara gratis hingga akhir Januari atau awal Februari 2020. Ada pembatasan kecepatan maksimal 60 km/jam demi keselamatan dan kenyamanan karena sambungan antarruas belum tertutup sempurna sehingga menimbulkan guncangan cukup terasa.

Lebih lanjut, Djoko Dwijono selaku Direktur Utama PT JJC melalui Instagram korporasi menjelaskan delapan titik tangga darurat tersebut terpasang di area sekitar U-Turn Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (di tengah/median jalan tol). Rincian lokasinya adalah di Km 13 + 200, Km 17 + 200, Km 21 + 500, Km 24 + 800, Km 28 + 300, Km 31 + 900, Km 36 + 700 dan Km 38 + 600.

[Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support