Rute Khusus Sepeda Motor Bisa Dilihat di Google Maps

Berita Otomotif

Rute Khusus Sepeda Motor Bisa Dilihat di Google Maps

JAKARTA – Google mengumumkan fitur baru di aplikasi Google Maps yaitu rute khusus sepeda motor, melalui konferensi pers pada Selasa (20/3/2018) di Jakarta.

Pengguna sepeda motor tak lagi ‘dianaktirikan’ di Google Maps. Setelah menawarkan navigasi untuk mobil, pejalan kaki, pengguna kereta, dan pengguna layanan transportasi online, aplikasi penunjuk arah jalan itu kini meluncurkan fitur baru yakni rute khusus sepeda motor.

Google menyediakannya karena menyadari belum adanya mode navigasi untuk kuda besi. Padahal, jumlah kendaraan  roda dua di Indonesia tujuh kali lebih banyak ketimbang mobil.

Google menyebut bahwa sepeda motor memiliki kebutuhan spesifik. Pengendara motor dapat mengambil rute-rute yang tidak dapat dilalui mobil seperti jalan sempit dan gang.

Ada juga jalan tertentu yang tidak dapat dilalui sepeda motor, misalnya jalan tol. Sepeda motor juga sering kali melaju dengan kecepatan yang berbeda daripada mobil.

Sebelumnya, pengendara motor biasa memperkirakan waktu tiba di tujuan dengan mengombinasikan rute jalan kaki dan rute mobil.

 Vice President Product Management Google Maps Dane Glasgow, dalam jumpa pers, mengatakan rute khusus sepeda motor dibuat demi memberikan para pengguna aplikasi pengalaman paling cocok dengan situasi setempat dan paling sesuai kebutuhan masyarakat lokal.

“Fitur khusus untuk sepeda motor paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia. Kami mendengarkan masukan Anda dan kini kami dengan senang hati menawarkan fitur baru ini, yang semoga dapat sedikit mempermudah masyarakat untuk bepergian dengan sepeda motor di Indonesia,” jelas Dane dalam keterangan pers yang diterima Mobil123.com.

Jalur khusus sepeda motor dapat dilihat dengan menekan ikon kendaraan ini yang terdapat persis di samping ikon navigasi untuk mobil.

Lebih lanjut, Google pada kesempatan itu juga mengumumkan penyempurnaan pada Google Maps. Aplikasi ini sekarang bisa mengetahui, mempertimbangkan, dan memperhitungkan sistem ganjil/genap pada mobil jika mengetahui nomor pelat kendaraan penggunanya.

Fitur ini pertama kali diluncurkan secara global di Indonesia, disusul kemudian di negara-negara lain dengan kebijakan sejenis. Google Maps versi terkini juga memasukkan data jadwal Car Free Day di 30 kota di Indonesia. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support