Mobil Otonom Gampang Rusak Jika Dicuci Otomatis

Berita Otomotif

Mobil Otonom Gampang Rusak Jika Dicuci Otomatis

PHOENIX - Pakar mengatakan mobil otonom gampang rusak jika dicuci secara otomatis, sehingga membersihkannya dengan tangan masih jadi cara terbaik.

Avis, perusahaan terkemuka Amerika Serikat (AS) yang berpengalaman mengatur dan mengorganisasi fleet serta mobil sewaan, membebeberkan bahwa mereka sampai harus memodifikasi fasilitas pencucian mobil mereka di tiga cabang di Phoenix, Arizona. Semua dilakukan agar armada van Waymo, divisi mobil otonom Google yang menggunakan Chrysler Pacifica tidak bermasalah setelah dicuci. 

“Ada proses spesial yang benar-benar membutuhkan lebih banyak perhatian plus fokus dan Anda perlu membersihkan (kendaraan otonom) lebih sering,” kata Chief Innovation Officer Arthur Orduna, seperti diwartakan CNN Money, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, tidak dirincikan seperti apa perubahan yang dilakukan. Namun, dijelaskan bahwa residu sabun atau air yang tertinggal di bodi dapat ‘membutakan’ mobil otonom ini. Di samping itu, menyikat terlalu keras bisa menggoncangkan sensor-sensor di sekitarnya, juga mengubah kalibrasi serta akurasi.

Repotnya, eksterior mobil otonom perlu lebih sering dibersihkan pula. Kotoran-kotoran pada bodi semisal debu, tanah, kotoran burung bahkan sisa air berpotensi mengurangi kemampuannya mendeteksi lingkungan dan rintangan sekitar.

Produsen maupun perusahaan pengguna mobil otonom seperti Toyota dan Uber mengungkapkan mereka punya teknik masing-masing soal ini. Tujuannya tentunya agar fungsi dari perangkat-perangkat mobilnnya dapat selalu bekerja maksimal

Toyota, misalnya, sering menggunakan rubbing alcohol dan lap microfiber untuk membersihkan  lensa kamera beserta sensor-sensor di sekeliling kendaraan. Sementara Uber mengandalkan cairan pembersih kaca depan serta squirt bottle.

Perusahaan startup yang menyediakan peralatan pembersih mobil otonom, Seeva, menilai semua perangkat di kendaraan jenis ini masih terlalu ringkih untuk tempat cuci mobil otomatis.

“Butuh waktu lama bagi kita sebelum mobil-mobil tersebut bisa dicuci secara otomatis,” tandas Chief Executive Officer Seeva Diane Lansinger. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual