Renault Pastikan Tetap Jual Mobil Murah Kwid di Indonesia

Berita Otomotif

Renault Pastikan Tetap Jual Mobil Murah Kwid di Indonesia

JAKARTA – Renault memastikan tetap bakal menjual mobil murah Kwid di Indonesia, namun dengan perubahan strategi produk.

Kwid yang diimpor utuh (Completely Built-Up) dari India pertama kali meluncur di Indonesia pada Oktober 2016 dengan hanya satu varian bertansmisi manual. Namun, penjualan mobil Rp 100 juta-an ini sangat meleset dari target yang ditetapkan dan menurun jauh pada tahun lalu.

Distributor Renault di Indonesia sendiri sudah berpindah tangan, dari Indomobil Group kepada Nusantara Maxindo Group, efektif mulai Februari tahun ini. Pengenalan PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) sekaligus para eksekutifnya telah dilakukan pada 14 Januari kemarin.

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer (COO) MRI, saat dihubungi Mobil123.com pada Rabu (30/1/2019), menegaskan bahwa pihaknya tetap bakal melanjutkan penjualan Kwid di Tanah Air. Namun, mereka tentunya mengubah strategi untuk lebih mempopulerkan Kwid.

Davy tidak bersedia membicarakan strategi penjualan Kwid secara mendetail. Satu yang ia katakan adalah varian maupun spesifikasi Kwid nantinya lebih disesuaikan dan disempurnakan.

“Saya cuma bisa katakan bahwa Kwid tetap kami jual di Indonesia, tapi dengan product line-up yang kami sempurnakan,” ucapnya.

Mantan pembesar Suzuki maupun Nissan di Indonesia tersebut tidak mau membocorkan kapan Kwid terbaru mengaspal di negeri ini.

MRI pada 24 Februari mendatang berencana membuka tiga dealer sekaligus. Mereka berencana membuka 15 dealer anyar dalam 18 bulan ke depan.

Adapun jumlah dealer Renault saat ini, berdasarkan penelusuran di situs resmi Renault Indonesia, berjumlah 23 dealer. Ketika memperkenalkan Kwid pada 2016, dealer mereka berjumlah 14 outlet.

Ketika itu, Kwid ditargetkan terjual 800 unit per tahun pada 2017 dan berkontribusi 80 persen dari total transaksi jual-beli pabrikan asal Prancis ini. Akan tetapi, pada tahun itu, Kwid hanya laku 163 unit menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan berkontribusi 31,9 persen dari total performa Renault yang  berjumlah 511 unit.

Pada 2018, penjualan Kwid merosot 69,94 persen year on year menjadi 49 unit. Model ini menyumbang 17,95 persen dari keseluruhan penjualan Renault yang berjumlah 273 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support