Renault Indonesia Kasih Kode Waktu Peluncuran MPV Murah

Berita Otomotif

Renault Indonesia Kasih Kode Waktu Peluncuran MPV Murah

JAKARTA – Renault memberitahukan sedikit lebih mendetail lagi mengenai calon multi purpose vehicle (MPV) murah mereka di Indonesia.

Pada perkenalan PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) sebagai distributor baru menggantikan Indomobil Group, Davy J. Tuilan selaku Chief Operating Officer mengatakan bahwa pihaknya bakal meluncurkan MPV murah ‘dalam waktu dekat’.  Meski tidak menyebutkan secara jelas segmennya, asumsi banyak pihak langsung mengarah pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang sangat diminati konsumen Tanah Air serta diisi model-model terlaris seperti Avanza plus Xpander.

Kalimat ‘dalam waktu dekat’ bisa berarti banyak hal. Seperti misalnya ketika Nissan sejak awal 2017 mengatakan MPV berplatform Mitsubishi Xpander pasti meluncur ‘dalam waktu dekat’ yang ternyata menurut dealer adalah Maret 2019.

Ketika dihubungi lebih lanjut oleh Mobil123.com, Davy menerangkan lebih rinci dari sebelumnya mengenai waktu peluncuran MPV Renault.

“Peluncurannya akan kami lakukan di 2019, pasti,” ucapnya via sambungan telepon pada Rabu (30/1/2019).

Saat ditanyakan apakah model ini nantinya meluncur di pameran otomotif nasional, mantan eksekutif Suzuki serta Nissan itu sempat terdiam sebelum akhirnya menyatakan belum bisa berkomentar sedetail itu.

“Nah, soal itu nanti. Bocorannya nanti. Silakan menebak-nebak. Saya belum bisa bilang,” tandas dia.

Indonesia sendiri memiliki dua pameran otomotif nasional. Ajang pertama adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung pada April, sedangkan ajang kedua ialah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus.

Model MPV Renault untuk pasar Indonesia tentunya masih dirahasiakan. Kemungkinannya ada dua yaitu Renault Lodgy yang sudah dijual di pasar luar negeri, termasuk India, atau Kwid versi MPV yang meluncur semester dua 2019 di India.

Jika ingin menjual mobil dengan mobil murah, salah satu opsi dari merek yang belum memiliki fasilitas perakitan lokal itu adalah mengimpor secara utuh dari India yang mempunyai perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia. Davy tidak bersedia mengonfirmasi hal ini.

Setelah MPV murah Renault muncul pada 2019, pabrikan asal Prancis tersebut bakal mempunyai empat model di empat segmen. Sebelumnya, mereka sudah punya Kwid (city car murah), Duster (crossover), plus Koleos (medium SUV).

Berdasarkan penelusuran di situs resmi Renault Indonesia, jumlah dealer mereka sekarang adalah 23 outlet. Dalam 18 bulan, mereka sudah mengumumkan rencana mempunyai 15 dealer baru. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar