Renault Berencana Punya 65 Dealer di Seluruh Indonesia pada 2021

Berita Otomotif

Renault Berencana Punya 65 Dealer di Seluruh Indonesia pada 2021

JAKARTA - Renault secara bertahap akan memperluas jaringan dealer mereka di Indonesia. Mereka sudah menjabarkan rencana pengembangan dealer hingga 2021.

Seperti diketahui, merek asal Prancis ini kembali ‘hidup’ setelah pada 23 Februari hak distribusi resmi pindah dari Indomobil Group kepada Maxindo Nusantara Group. Mereka juga meluncurkan mobil murah kedua setelah Kwid yakni multi purpose vehicle (MPV) Triber pada 18 Juli kemarin yang mempunyai perkiraan harga off-the-road Rp 125 - 155 juta.

Andrew Limbert, Chief Executive Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI), menjelaskan pihaknya berkomitmen membangun ketersediaan jaringan penjualan serta purnajual. Di samping itu, mereka menjamin ketersediaan suku cadang dengan harga transparan.

“Pada 2021, kami akan buka 65 outlet di seluruh Indonesia,” ucapnya di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Para mitra dealer juga sempat tampil dalam pameran otomotif tersebut untuk menandatangai nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Ini dilakukan agar publik menjadi lebih yakin terhadap mereka.

Detail penambahan jumlah dealer kemudian dijelaskan oleh Davy J. Tuilan selaku Chief Operating Officer MRI usai seremoni penandatanganan kerja sama dengan Garuda Indonesia, pertengahan pekan ini di Jakarta. Menurut dia, hingga akhir 2019, pihaknya terlebih dahulu akan membangun 19 outlet utama ditambah 5 outlet satelit sehingga totalnya menjadi 24 outlet.

“Outlet satelit ini untuk kota-kota kecil kayak Blitar, Kediri, Nganjuk. Fasilitasnya juga 3S (sales, service, spare parts) tapi dalam skala kecil. Investasinya kecil,” paparnya.

Pada 2020, mereka menargetkan pembangunan 45 dealer. Sebanyak 30 merupakan outlet utama, sedangkan sisanya outlet satelit.

“Tahun depannya lagi (2021), kami akan buka lagi hingga menjadi 40 outlet utama ditambah 25 outlet satelit. Jumlahnya menjadi 65 outlet,” tandasnya.

Triber, dalam GIIAS 2019, membukukan pemesanan 1.033 unit. Davy menyebut angka itu jauh di atas ekspektasi mereka.

Sebanyak 70 persen pemesanan adalah untuk tipe transmisi otomatis. Padahal, pemesanan untuk tipe tersebut baru dimulai pada April 2020, berbeda dengan distribusi tipe transmisi manual yang sudah bisa berjalan mulai Desember mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar