Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pengguna Angkutan Massal di Jakarta Wajib Pakai Masker

Berita Otomotif

Pengguna Angkutan Massal di Jakarta Wajib Pakai Masker

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mewajibkan pengguna angkutan massal untuk menggunakan masker mulai tanggal 12 April 2020.

Kebijakan ini tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 9 Tahun 2020 dan berlaku untuk pengguna Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, Commuter Line dan KA Bandara. Sebelum itu, mereka akan melakukan sosialisasi mulai tanggal 5 hingga 11 April 2020. Dan mulai tanggal 12 April 2020, masyarakat yang tidak menggunakan masker dilarang untuk menikmati layanan angkutan massal.

Langkah ini dilakukan karena peningkatan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin menyebar khususnya di DKI Jakarta. Meski demikian, kebijakan ini tidak menghentkan seruan physical distancing yang sebelumnya sudah digaungkan.

Langkah ini juga sudah sejalan dengan seruan Pemerintah Pusat yang merujuk pada rekomendasi WHO. Masker kain adalah yang disarankan karena dapat dicuci dan digunakan berkali-kali sehingga diharapkan tidak akan berdampak pada persediaan masker di pasaran.

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar. Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah. Masker bedah dan N-95 yang sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis,” terang Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19.

Meski dapat digunakan berkali-kali, masker kain tetap ada batasnya. Ia menyebut bahwa masker kain hanya efektif untuk penggunaan tak lebih dari empat jam. Setelah itu, masker harus dicuci dengan sabun sebelum digunakan kembali.

“Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci. Kami meminta, mulai hari ini gunakan masker untuk semua. Saling mengingatkan kalau ada yang tidak pakai masker, menunda kepentingan di luar rumah, rencana kepergian, dan berkomunikasi sosial menggunakan jaringan telekomunikasi,” tutup Yuri. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang