Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah Berlakukan Aturan Taksi Online Setelah Lebaran

Berita Otomotif

Pemerintah Berlakukan Aturan Taksi Online Setelah Lebaran

JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengundang penyedia aplikasi taksi online, Dinas Perhubungan, YKKI dan pengamat transportasi untuk membahas kesiapan implementasi aturan angkutan sewa khusus atau sewa online sesuai dengan PM 26 Tahun 2017.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk melihat komitmen semua pihak dalam melaksanakan ketentuan tersebut. Pasalnya, ada beberapa item perubahan yang harus diselesaikan pada tanggal 1 Juli 2017 mendatang.

"Kita disini membahas kesiapan implementasi angkutan sewa khusus (online) atau yang sering disebut taksi online. Dari 11 item revisi aturan dalam PM 26 tahun 2017 pada 1 April lalu, terdapat 7 item yang diberikan masa transisi untuk implementasinya," jelas Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo.

Ada empat item aturan yang masa transisinya berakhir pada 1 Juli 2017 yaitu pengenaan pajak, kewajiban STNK berbadan hukum, penetapan tarif batas atas dan batas bawah, dan penetapan kuota kendaraan. Sesjen meyakinkan bahwa aturan-aturan tersebut dibuat dengan pemikiran untuk kepentingan semua pihak.

"Kenapa pemerintah atur tarif misalnya. Ini tergantung siapa yang melihat. Kalau masyarakat maunya tidak ada batas bawah. Sebaliknya pengemudi, kasian kalau tidak ada batas bawah. Kita cari titik tengahnya," ujarnya.

Sampai saat ini sudah ada lima daerah yang telah menyerahkan usulan tarif batas atas dan batas bawah kepada Kemenhub. Kelima provinsi tersebut yaitu Medan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Makassar.

Lebih lanjut Sugihardjo menyampaikan keinginan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  Bahwa semua pihak harus berkontribusi positif untuk memberikan solusi agar pada 1 Juli 2017, semua pihak terkait sudah siap untuk mengimplementasikan aturan sesuai PM 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Dengan diikutinya aturan tersebut maka diharapkan taksi online dapat lebih tertib dan tertata. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang