TransJakarta Lakukan Pembatasan Penumpang Demi Hindari Penularan Virus Corona

Berita Otomotif

TransJakarta Lakukan Pembatasan Penumpang Demi Hindari Penularan Virus Corona

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penambahan jam operasional dan rute serta melakukan pembatasan jumlah penumpang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan virus Corona yang sedang mewabah di Indonesia, khususnya Jakarta. Dengan ini maka Transjakarta akan mengoperasikan 123 rute dari mulai pukul 05:00-22:00 WIB untuk layanan reguler. TransJakarta juga akan menjalankan 11 rute Layanan Armada Malam Hari (Amari) dari mulai pukul 22:00-05:00.

Jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian sebagai berikut:

– 15 rute BRT dalam koridor

– 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota

– 4 rute RoyalTrans

– 10 Rute Transjabodetabek

– 69 rute Mikrotrans

Penyesuaian rute tersebut diperlukan untuk membuat social distancing di dalam bus transjakarta. Guna mendukung hal ini, maka TransJakarta akan melakukan pembatasan penumpang untuk setiap unit kendaraan. Berikut adalah pembatasan penumpang untuk setiap kendaraan.

– 60 penumpang untuk bus gandeng

– 30 penumpang untuk bus besar

– 15 penumpang untuk bus sedang dan Royaltrans

– 6 penumpang untuk Mikrotrans

Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga 2 kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi

Selain itu, pelanggan diharapkan agar dapat sabar mengantri di luar halte untuk menghindari desak-desakan di dalam halte atau di dalam bus. Antrian akan diterapkan kebijakan untuk menjaga jarak aman antar pelanggan dengan jarak 1 lengan. Diharapkan dengan jarak antar pelanggan yang diatur, penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar