Angkutan Umum Jakarta Paling Mengerikan

Berita Otomotif

Angkutan Umum Jakarta Paling Mengerikan

JAKARTA - Nama Jakarta kembali mendunia. Sayang, kali ini bukan prestasinya namun sebagai salah satu kota yang paling berbahaya bagi perempuan menggunakan angkutan umum. Dilansir dari halaman CNN, Jakarta menduduki peringkat 5 dari 16 negara yang paling berbahaya bagi perempuan melakukan perjalanan dengan angkutan umum.

Posisi ini menjadikan Jakarta sebagai kota yang paling berbahaya di Asia Tenggara untuk menggunakan angkutan umum bagi perempuan. Pasalnya, Kuala Lumpur (Malaysia) berada di urutan ke 7 disusul oleh Bangkok (Thailand) di posisi kedelapan dan Manila (Filipina) menjadi yang paling aman dengan duduk di posisi ke 10.

Jakarta hanya lebih aman dari 4 negara lain di dunia yaitu Bogota (Colombia) yang menjadi kota yang paling berbahaya, disusul oleh  Mexico City (Mexico) di posisi kedua, lalu Lima (peru) di posisi ketiga dan New Delhi (India) diperingkat yang keempat.

Survey ini dilakukan oleh Thomson Reuters Foundation yang bekerjasama dengan perusahaan poling Inggris yaitu YouGov.In dan survey dilakukan di 16 ibukota terbesar di dunia.

Sedikitnya ada 6.555 perempuan dan para pakar yang terlibat di dalamnya. Hak-hak perempuan, kesetaraan gender, perencanaan kota dan ruang kota yang ramah gender menjadi masalah yang paling rawan.

Terdengar menyedihkan memang mengingat Pemerintah Daerah sudah memberlakukan berbagai tindakan pencegahan seperti memisahkan ruang tunggu wanita di halte busway dengan ruang tunggu pria hingga ruang khusus perempuan di dalam bus Transjakarta. Selain itu PT. KAI juga sudah membuat gerbong khusus wanita di semua rangkaian KRL yang beroperasi di Jabodetabek.

Namun ini adalah data yang didapatkan dari survey tersebut. Beberapa kasus pelecehan memang sering terjadi di beberapa tempat transit kendaraan umum khususnya busyway. Tak hanya itu, kasus pelecehan yang terjadi di dalam kendaraan pun juga kerap terjadi di angkutan umum.

Ini tentunya menjadi tugas berat bagi Kementrian Perhubungan dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kembali pelayanan angkutan umumnya. Ya, layanan angkutan umum yang lebih baik tentu menjadi salah satu harapan masyarakat khususnya warga Jakarta.

Berikut adalah daftar Negara paling berbahaya untuk perempuan menggunakan angkutan umum:


1. Bogota
2. Mexico City
3. Lima
4. New Delhi
5. Jakarta
6. Buenos Aires
7. Kuala Lumpur
8. Bangkok
9. Moscow
10. Manila
11. Paris
12. Seoul
13. London
14. Beijing
15. Tokyo
16. New York

[Adi/Syu]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support