Sisi Positif Pandemik Covid-19, Kualitas Udara Indonesia Jadi Lebih Sehat

Berita Otomotif

Sisi Positif Pandemik Covid-19, Kualitas Udara Indonesia Jadi Lebih Sehat

JAKARTA – Pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) rupanya memberi dampak positif bagi kualitas udara di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kualitas udara khususnya di Indonesia Barat mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tanggal yang sama tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh LAPAN melalui akun twitter resmi mereka.

“Perubahan kualitas udara (partikulat PM10) di Wilayah Indonesia Barat saat ini dibanding tepat 1 tahun yg lalu, nampak pada saat wabah virus corona (Covid-19) pada bulan Maret 2020 ini, kualitas udara jauh lebih bersih dibanding bulan yg sama tahun 2019 & tahun-tahun sebelumnya,” ungkap LAPAN dalam cuitannya.

Mereka pun menambahkan bahwa kondisi ini juga terjadi dibeberapa negara lain yang terdampak pandemi Covid-19 khususnya Cina dan Eropa. Berkurangnya mobilitas masyarakat menjadikan polusi udara dari kendaraan menjadi berkurang dibandingkan sebelumnya.

“Perubahan kualitas udara ini mirip dengan yang terjadi di China dan Eropa disaat wabah virus saat ini (sumber data : Copernicus). Disajikan oleh Prof. Dony Kushardono @Pusfatja_LAPAN,” tambah mereka.

Namun di Cina kondisinya sudah mulai stabil seperti sedia kala. Pandemi Covid-19 di negara tersebut sudah mulai berkurang dan membuat lockdown yang dilakukan dicabut. Akibatnya, perekonomian mulai berjalan kendaraan kembali lalu lalang dan kualitas udara berkurang lagi. Padahal saat pandemik terjadi, kualitas udara di Cina menjadi sangat baik.

Bila melihat Cina, bukan tidak mungkin Indonesia akan mengalami hal serupa. Saat pandemik Covid-19, kualitas udara yang telah baik kemudian tidak dapat dipertahankan. Tidak ada salahnya bila Pemerintah dan masyarakat menjadikan pandemik Covid-19 sebagai milestone untuk menciptakan kualitas udara lebih baik. 

Salah satunya adalah dengan tidak mudik saat Lebaran dan mengurangi aktivitas keluar rumah kecuali untuk keperluan tertentu. Pasalnya, hingga kini jumlah penderita Covid-19 sudah mencapai 1.986 orang. Dari jumlah tersebut, 181 orang di antaranya meninggal dunia dan 134 orang lainnya dinyatakan sembuh. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar