Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pabrik BR-V Filipina Tutup, Honda Indonesia Punya 3 Pesaing untuk Ekspor

Berita Otomotif

Pabrik BR-V Filipina Tutup, Honda Indonesia Punya 3 Pesaing untuk Ekspor

JAKARTA – Honda Indonesia kini sedang menanti arahan dari prinsipal mereka di Jepang, terkait tutupnya pabrik perakitan BR-V di Filipina. Ada tiga negara pesaing Indonesia untuk menjadi penyuplai BR-V ke sana.

Honda Cars Philippines pada akhir pekan lalu mengumumkan rencana penutupan pabrik yang berlokasi di selatan Manila mulai bulan depan. Akan tetapi, mereka tetap melakukan penjualan dan purnajual di Filipina.

“Demi memenuhi kebutuhan konsumen di Filipina dengan harga terjangkau dan kualitas produk bagus, Honda telah memutuskan untuk melakukan efisiensi sumber daya alokasi serta distribusi,” demikian pernyataan resmi dari perusahaan tersebut.

Pabrik ini beroperasi sejak 1992 dan memproduksi BR-V dan sedan City. Ada sekitar 650 pekerja yang bakal dirumahkan karena penutupan fasilitas perakitan ini.

BR-V sendiri juga dijual di Indonesia. Model ini mengaspal pada Agustus 2015, tapi baru mulai didistribusikan pada Januari 2016.

Tak sekadar dijual, model yang di Tanah Air diposisikan di segmen low sport utility vehicle (LSUV) tersebut sudah diproduksi secara lokal di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat. BR-V berbagi platform dengan Brio dan Mobilio.

Eksekutif agen pemegang merek Honda di Indonesia mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan siapa yang akan menyuplai BR-V untuk Filipina. Semua masih dalam pembahasan.

“Untuk realokasi produksi untuk kebutuhan pasar BR-V di Filipina akan dibahas Honda secara global, khususnya Honda Asia Oceania Region. Karena hal ini menyangkut segala aspek kesiapan dari negara pengekspornya dari spesifikasinya, kapabilitasnya, kapasitasnya dan lain-lain. Semua perlu dibahas lebih lanjut,” ucap Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Selasa (25/2/2020).

Yusak menolak berbicara seberapa besar peluang Indonesia untuk menjadi penyuplai BR-V ke Filipina. Basis produksi BR-V di pasar global sendiri tak hanya Indonesia.

“Selain di Filipina, BR-V diproduksi di Thailand, Malaysia, Pakistan, dan Indonesia,” paparnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang