Ternyata, Banyak yang Salah Kaprah Soal Arti Emblem RS di Mobil Honda

Berita Otomotif

Ternyata, Banyak yang Salah Kaprah Soal Arti Emblem RS di Mobil Honda

JAKARTA – Sebagian orang berpikir bahwa emblem RS di mobil Honda merupakan kependekan dari kata ‘Racing Sport’. Ternyata anggapan itu salah.

Yulian Karfili, Public Relations and Digital Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan RS hanyalah satu dari empat emblem yang menandakan adanya nuansa lebih sporty dari mobil-mobil mereka. Tiga lainnya adalah Acura, SI, plus Type R.

Acura berdiri sebagai sebuah merek tersendiri. Arah pengembangan desainnya ialah Luxury Sport.

Tiga lainnya menjadi varian dari model-model Honda, mulai dari hanya sekadar tampilan sampai ke aspek performa. Arah pengembangannya sendiri Pure Sport.

“RS sendiri secara global sudah hadir sangat lama. Model pertama yang punya varian RS adalah Civic generasi pertama (era 1970-an). Ini kendaraan pertama Honda dengan emblem RS. Awalnya, Civic RS dibuat sebagai edisi spesial dengan volume produksi hanya 20 ribu unit,” ucap dia pada pertengahan pekan ini di sela-sela test drive Honda Civic hatchback RS di Jakarta.

Makna sebenarnya dari RS adalah ‘Road Sailing’. Dalam bahasa Indonesia, maknanya kurang-lebih ‘berlayar’ di jalan raya.

RS lalu berkembang sebagai varian dari model Honda yang memadukan antara fungsionalitas sebuah mobil dengan nuansa lebih sporty ketimbang versi standar. Hal ini diwujudkan dengan body kit maupun aksesoris lebih pada eksterior, juga tampilan lebih macho pada kabin. Di samping itu, kelengkapan fitur sengaja dilebihkan dari varian standar.

“Di Indonesia, RS pertama adalah Jazz yang hadir pada 2008,” lanjut Arfi, sapaan akrab Yulian Karfili.

Honda Mobilio menjadi model kedua di Tanah Air yang mendapatkan varian RS, tepatnya pada 2014. Selanjut ada Honda Brio RS (2016), kemudian yang terkini ialah Honda Civic hatchback RS (2020).

SI, varian di atas RS, merupakan kependekan dari ‘Sport Injected’. Di sini, kadar sporty dari mobil Honda dibuat lebih tinggi lagi. Belum ada model Honda di Indonesia yang menawarkan varian ini.

“Lalu yang paling atas diberi label Type R. Di Indonesia, modelnya ada Civic Type R. Arahannya Pure Sport dan meliputi penyetelan ulang khusus atau spesifikasi khusus sampe ke mesinnya,” pungkas Arvi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support