Honda BR-V Terbaru Siap Tantang Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Honda BR-V Terbaru Siap Tantang Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Honda BR-V versi terbaru dipastikan meluncur tahun ini, dengan waktu yang masih dirahasiakan.

Honda BR-V merupakan low sport utility vehicle (LSUV) yang pertama kali dperkenalkan dalam bentuk konsep di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Honda kemudian meluncurkan dan menjual versi produksinya pada 2016.

Setelah dua tahun, Honda akhirnya melakukan penyegaran pada SUV berkapasitas tujuh penumpang ini. Meski demikian, tidak dijelaskan seberapa banyak pengubahan yang dilakukan pada BR-V terbaru.

“Penyegaran untuk BR-V pasti ada. Tahun ini,” beber Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy beberapa waktu lalu di Jakarta tanpa bersedia menginformasikan waktu peluncuran.

Jonfis menyatakan bahwa Honda bakal menghadirkan world premiere mobil konsep plus peluncuran model minor change di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Namun, ia menolak memberitahukan apakah model baru yang hadir di pameran otomotif tersebut adalah BR-V.

“Nanti, ditunggu saja,” tandasnya singkat.

Penjualan BR-V sendiri turun sangat drastis pada kuartal satu tahun ini. Jonfis mengakui bahwa penurunan itu bisa saja disebabkan oleh Mitsubishi Xpander, mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) namun bertampang sangat mirip dengan SUV dengan rentang harga bersinggungan.

Sebagai informasi, banderol on-the-road Jakarta BR-V, menurut situs resmi Honda Indonesia adalah Rp 234,5 – 269,5 juta. Adapun Xpander berharga Rp 194,1 – 250,4 juta.

Xpander, menurut Jonfis, adalah produk yang bagus sehingga wajar jika ada konsumen potensial BR-V kemudian beralih ke produk  itu. Hal ini ia katakan sebagai euforia produk baru.

“Itu biasa. Sekarang ini bagaimana kami menjaga total unit maupun pangsa pasar agar tak terlalu jatuh,’ papar dia.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan BR-V pada Januari-Maret hanya berjumlah 604 unit. Volume itu anjlok 91,49 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 7.094 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support