Honda BR-V Baru Disebut-sebut Saat Tanggapi Suzuki XL7

Berita Otomotif

Honda BR-V Baru Disebut-sebut Saat Tanggapi Suzuki XL7

JAKARTA – Honda menyinggung soal pembaruan pada BR-V, ketika menanggapi penantang terbaru bagi model ini yaitu XL7. Apa kata mereka?

Seperti diketahui, XL7 yang mengaspal pada 15 Februari 2020 merupakan pemain baru di segmen low sport utility vehicle (LSUV) dan memiliki harga on-the-road Jakarta Rp 230 - 267 juta. Para ‘senior’ XL7 di segmen tersebut adalah Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560.

Tentu saja, taktik Honda untuk menghadapi penantang terbaru BR-V ditunggu. Apalagi, sejak mengaspal pada Agustus 2015 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) hingga awal Februari 2020 ini, BR-V belum pernah mendapatkan pembaruan model yang signifikan.

BR-V baru mendapat penyegaran model minor sebanyak dua kali. Pertama adalah pada 2018, dilanjutkan pada 2019.

Padahal, dua pemain lawas lain yakni duet Rush serta Terios sudah merilis generasi teranyar pada akhir 2017. Sebelum XL7 hadir, Glory 560 muncul sejak 2019 dengan harga paling rendah di segmennya tapi berfitur mentereng.

Honda termasuk merek yang relatif tertutup mengenai rencana produk baru. Tapi, Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bahwa salah satu cara mereka menghadapi persaingan di LSUV saat ini dan menjaga penjualan BR-V adalah penyegaran model.

“Penyegaran produk adalah salah satu strategi,” ucap dia ketika Mobil123.com menanyakan respons Honda mengenai XL7 pada Rabu (19/2/2020) di Jakarta.

Sayangnya, hanya itu informasi saat ini. Yusak tidak memberikan petunjuk mengenai waktu peluncurannya.

“Soal kapannya, ya, kita tunggu saja nanti. Kita lihat waktunya, lah, ya,” tukas dia.

LSUV sudah berkembang menjadi salah satu segmen terpenting di Indonesia saat ini. Yusak mengatakan kontribusi LSUV di pasar otomotif Indonesia sudah hampir sama dengan low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low cost green car (LCGC) sebagai dua segmen terbesar di Tanah Air sekarang.

“LMPV, LSUV, LCGC sudah sekitar 20-an persen. Sebanyak 20 – 21 persen, lah,” pungkas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support