Nissan X-Trail Facelift Andalkan 8 Fitur Canggih Baru, Ini Daftarnya

Berita Otomotif

Nissan X-Trail Facelift Andalkan 8 Fitur Canggih Baru, Ini Daftarnya

TANGERANG - Nissan X-Trail facelift secara eketerior tampak tak terlalu berubah banyak. Tapi, Nissan membenamkan 8 fitur canggih baru sebagai ‘senjatanya’ menggoda konsumen.

X-Trail facelift hadir setelah sekitar lima tahun model ini tidak mendapatkan penyegaran. Nissan memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang, untuk meluncurkannya.

Pada bagian luar, ubahan terlihat pada grille V-Motion lebih besar, Sunroof, desain bumerang baru pada lampu depan yang sudah dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) LED, plus pelek alloi lebih besar yaitu 19 inchi. Hanya ada satu varian bertansmisi otomatis dengan harga on-the-road Jakarta Rp 530 juta.

Sebagai ‘pengimbang’, Nissan, menurut Yasushi Yokoi selaku Senior Manager Research and Development PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), menyematkan 8 fitur canggih baru sebagai gambaran visi Nissan Intelligent Mobility. Fitur-fitur itu adalah Intelligent Cruise Control, Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Intelligent High Beam Assist, Around View Monitor yang kini dilengkapi lagi oleh Moving Object Detection.

“Intelligent Cruise Control di X-Trail adalah yang pertama di segmennya. Keunikannya, kendaraan mengikuti kendaraan di depan dan berhenti jika kendaraan itu berhenti,” ucap Yokoi dalam konferensi pers di hari keenam pameran.

Ada tiga penyetelan jarak dalam Intelligent Cruise Control. Paling dekat adalah 30 meter, sementara jarak menengah dan jarak terjauh masing-masing adalah 45 meter serta 60 meter.

Banyak Gunakan Kamera dan Radar.
Fitur-fitur canggih anyar lainnya banyak gunakan kamera dan radar yang terletak di berbagai sisi. Intelligent Lane Departure Warning memanfaatkan kamera di kaca depan dan beroperasi ketika kecepatan di atas 60 km/jam untuk memperingati pengemudi ketika mobil berubah jalur.

Intelligent Blind Spot Warning memperingatkan pengemudi terhadap kendaraan di sudut buta. Sementara, Forward Collision Warning memanfaatkan informasi dari radar pada bagian logo di grille untuk memperingatkan potensi terjadinya tabrakan.

Sebagai tindak lanjut jika pengemudi tidak mengerem, ada fitur Intelligent Forward Emergency Braking. Sistem akan memperhitungkan jarak untuk melakukan pengereman sedang maupun berat.

Ada lagi Intelligent High Beam Assist. Fitur ini akan mengubah nyala cahaya dari lampu jauh ke lampu dekat jika ada kendaraan dari arah berlawanan.

Rear Cross Traffic Alert berfungsi saat mobil berjalan mundur dengan kecepatan di bawah 8 km/jam. Sistem bakal memperingatkan jika ada kendaraan yang melintas dari sisi samping kiri atau kanan.

“Around View Monitor sudah ada pada X-Trail versi terdahulu. Tapi kali ini kami menambahkanya dengan Moving Object Detection jadi jika ada orang melintas di belakang, misalnya, ada penanda obyek bergerak di sisi kiri atau kanan belakang tergantung letaknya,” tutup Yokoi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar