Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

GIIAS 2019 Punya 100 Peluncuran, 6 di Antaranya World Premiere

Berita Otomotif

GIIAS 2019 Punya 100 Peluncuran, 6 di Antaranya World Premiere

TANGERANG - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 disebut-sebut berisi 100 peluncuran mobil dan motor. Di antaranya bahkan ada yang merupakan debut global.

GIIAS tahun ini berlangsung pada 18 - 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Pembukaannya pada Kamis (18/7/2019) dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, menggantikan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya dijadwalkan hadir.

Turut hadir pula, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan pejabat-pejabat negara dari berbagai institusi.

“Dari laporan yang saya terima, ada 100 peluncuran. Di antaranya adalah enam world premiere (debut global) dan 40 mobil konsep,” ucap Airlangga dalam kata sambutannya.

Jumlah asli peluncuran tersebut jauh lebih banyak dari keterangan Sevent Event selaku penyelenggara GIIAS sebelumnya. Mereka beberapa waktu lalu hanya menjelaskan ada lebih dari 20 peluncuran mobil baru plus mobil konsep, termasuk world premiere.

Dari sekian banyak peluncuran, ada 16 yang sudah terungkap, mulai dari Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Wuling, hingga pabrikan mobil premium. Sebut saja, misalnya, Mitsubishi Eclipse Cross, Mitsubishi Outlander PHEV, Mitsubishi Triton, Toyota Supra, Wuling Almaz 7-Seater, DFSK Glory 580 i-Auto.

Bicara peserta, pameran otomotif terbesar di Indonesia serta Asia Tenggara ini diikuti oleh 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan niaga, plus 11 merek sepeda motor. Ada merek-merek yang pada tahun lalu masih mengikuti pameran tapi pada tahun ini menghilang, salah satunya adalah Chevrolet.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam laporannya di depan wakil presiden dan menperin menjelaskan bahwa industri otomotif domestik negeri ini sudah mandiri. Dari penjualan mobil 1,15 juta unit pada 2018, hanya sekitar 90 ribu unit yang berstatus mobil impor. Kapasitas produksi mobil nasional sendiri sudah 2 juta unit.

Ekspor mobil pada tahun ini ditargetkan menyentuh 300 ribu unit. Adapun pada 2018 ekspor berjumlah 264 ribu unit, tumbuh 14,4 persen dibandingkan 2017 dan merupakan sebuah rekor.

“Pada 2025 ekspor otomotif Indonesia dapat tumbuh menjadi 1 juta unit. Produk-produknya akan tecermin dari apa yang ditampilkan di GIIAS 2019,” tegasnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang