Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mudik Pinter Bener, Sulap Budget Bayar Tol untuk Wisata

Panduan Pembeli

Mudik Pinter Bener, Sulap Budget Bayar Tol untuk Wisata

BANDUNG - Perjalanan mudik Jakarta - Bandung 2019 via Jonggol lebih menyenangkan bagi keluarga. Perjalanan di pagi hari dapat gantikan rasa was-was terkena macet parah di seputar tol Jakarta - Cikarang - Cikampek dengan keceriaan bersama keluarga.

Musim libur Lebaran 2019 sudah mendekati akhir, puncak arus baliknya diperkirakan hari ini dan besok (minggu, 8 Juni 2019). Ruas tol Jakarta - Cikampek tentunya bakal kebanjiran mobil, diantisipasi oleh Pemerintah dengan menerapkan satu arah baik pada arus mudik juga arus balik serta dilakukan pada jam-jam tertentu.

Jalur alternatif adalah salah satu solusi agar Anda terhindar dari kondisi di atas yang sepertinya tidak menentu. Dan untuk menuju Bandung dari Jakarta juga sebaliknya pada H+3 serta H+4 Lebaran 2019, Mobil123.com mencoba melakukan perjalanan melewati Jonggol - Cariu - Ciranjang (Cianjur) - Padalarang - Bandung menggunakan Mitsubishi Xpander.

Sepertinya Anda tidak asing mendengar Jonggol menuju Bandung dan mungkin sudah pernah melewatinya. Jalur ini sempat populer beberapa tahun lalu, namun banyak terlupakan sejak Tol Cipularang beroperasi.   


Jalur ini semakin dihindari karena beberapa informasi yang beredar, mulai jalannya rusak, sering macet dan juga sempat terdapat peristiwa putusnya jembatan Cipamingkis - Jonggol. Pada perjalanan PP kali ini, Mobil123.com memutuskan untuk start sehabis Sholat Subuh.

Secara umum kontur jalan tergolong baik meski Anda akan menemui beberapa titik jalan berlubang atau bergelombang. Dan bukan masalah berarti jika menggunakan mobil berground clearence cukup tinggi seperti Xpander.

Memulai perjalanan di pagi hari tentunya memiliki beragam keuntungan seperti jalur jalan yang belum terlalu padat. Pada kondisi ini, perjalanan dari Cibubur menuju Jonggol bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam dengan rata-rata kecepatan 40 - 50 km/jam. 

Di samping itu Anda juga akan disambut dengan udara yang fresh dan juga pemandangan hamparan sawah menghijau plus gugusan bukit-bukit. Kondisi ini tentunya menyenangkan untuk keluarga Anda.

Jika Anda dan keluarga butuh sarapan pagi murah-meriah, sepanjang perjalanan banyak yang menjajakan bubur ayam khas Cianjur. Anda hanya perlu memilih posisi pedagang yang memiliki tempat bersih dan mudah untuk parkir. 


Salah satu tempat menarik yang di lalui dalam jalur ini adalah tempat wisata keluarga sederhana dan murah meriah adalah penangkaran rusa bernama Taman Rusa Girijaya. Tempat ini terletak di sebelah kiri jalan (dari Jakarta) tepatnya di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor serta buka mulai jam 07.00 hingga 17.00.

Ingat, jalan menuju tempat ini cukup menantang karena harus melewati tanjakan dan turunan terjal dengan kondisi jalan berbatu. Anda mungkin akan kesulitan jika menggunakan jenis kendaraan sedan dan sejenisnya, namun ini bukan masalah berarti buat Xpander.


Kombinasi mesin 4A91 bertenaga 104 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm dengan transmisi otomatis 4-speed milik Xpander dapat mudah menaklukkannya. Yang perlu Anda lakukan hanya menjaga putaran rpm agar bisa smooth melewati jalan berbatu cukup licin, karena jika asal menginjak gas ban akan kehilangan traksi dan kemudian spin.


Tiket masuk penangkaran rusa bisa ditembus dengan harga Rp 20 ribu plus parkir Rp 10 ribu dan Rp 10 ribu untuk wortel pakan rusa. Pemandangan pada tempat ini juga cukup menarik, selain bisa memberikan langsung makanan ke rusa-rusa yang cukup jinak, anak-anak juga mendapat pengalaman baru seperti melewati jembatan gantung tepat di atas sungai Cibe'el.


Puas bercengkrama dengan keluarga, perjalanan pun dapat dilanjutkan kembali menuju Bandung melewati jalur nostalgia Ciranjang - Padalarang. Bagi Anda yang lahir tahun 50 - 60 - 70 - 80an dan sering bolak-balik Jakarta - Bandung, ini merupakan jalur favorit setelah melewati wilayah Puncak.

Dan kebetulan sebelum tengah hari, jalur ini tergolong sepi, Bandung dapat digapai dalam waktu 1 - 1.5 jam. Anak-anak juga bisa langsung melepas lelah di dalam mobil seperti pada Xpander yang memiliki kabin cukup luas dan nyaman.


Selain penangkaran rusa, ada pula obyek wisata Waduk Jangari di wilayah Ciranjang. Anda bisa mengajak keluarga untuk naik perahu mengitari waduk. Detail biaya wisata di sana juga tergolong terjangkau.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melewati jalur Jakarta - Bandung via Jonggol ?. Jika belum pernah ada baiknya untuk mencobanya dan saran Mobil123.com adalah berangkat pagi hari selepas Subuh baik pulang maupun pergi.

Jalur ini juga layak untuk dilewati saat hari biasa selepas musim mudik. Dengan ini Anda bisa terlepas dari mimpi buruk terjebak macet di Tol Cikampek. Dan keuntungan lainnya, budget tol Rp 61.500 hingga pintu tol Pasteur Pulang Pergi bisa Anda alokasikan untuk wisata sederhana seperti tersebut di atas. Selamat mencoba. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang