Mobnas Vietnam akan Luncurkan 3 Mobil Listrik, Mobnas Indonesia Kemana?

Berita Otomotif

Mobnas Vietnam akan Luncurkan 3 Mobil Listrik, Mobnas Indonesia Kemana?

JAKARTA - VinFast, pabrikan mobil asal Vietnam berencana meluncurkan 3 mobil listrik dengan kemampuan canggih seperti milik Tesla.

3 mobil listrik VinFast rencananya akan hadir dalam model SUV crossover. Dan ketiganya masing-masing akan bernama VF31, VF32 serta VF33.

Yang menarik untuk disimak ketiga model ini akan dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang sistem autonomous atau autopilot level 4. Kabarnya sistem ini akan diinstal pada versi tertinggi dari masing-masing varian.

Kombinasi fitur autopilot level 4 sendiri terdiri dari peta 3 dimensi otomatis, deteksi slot parkir termasuk sistem parkir otomatis. Terdapat juga kemampuan untuk memanggil kendaraan dan terhubung dengan sistem transportasi juga smart city.

mobil listrik mobnas Vietnam

Otak dari sistem kendali otomatis ini sendiri berasal dari chip Orin-X. Diklaim memiliki kemampuan 8 kali lebih cepat dibandingkan chip yang beredar di pasar saat ini, dapat memproses hingga 200 GB data per detik.

Masih untuk varian tertinggi VF31, VF32 dan VF33, akan dilengkapi dengan sistem sensor LiDAR. Kinerja sensor ini diperkuat oleh 14 kamera yang mampu mendeteksi objek hingga 687 meter, 19 sensor 360 derajat dengan akurasi kerja terbaik dan mampu memberikan peringatan pada kecepatan di atas 100 km/jam.

Khusus untuk V31, VinFast menegaskan hanya akan menghadirkan varian mobil listrik. SUV ini memiliki dimensi kompak dengan panjang 4.300 mm dan ditawarkan 2 pilihan tenaga dari motor listriknya.

Varian pertama atau versi premium dilengkapi motor listrik bertenaga 150 kW atau setara 201 hp dan torsi 320 Nm. Sementara versi standar akan dilengkapi motor listrik bertenaga 85 kW atau setara 114 hp dengan torsi 190 Nm.

Keduanya akan dibekali dengan baterai berkapasitas 42 kWh. VinFast mengklaim saat baterai terisi penuh hingga kosong, V31 mampu digunakan hingga 300 km.

mobil listrik buatan Mobnas Vietnam
Sementara VF32 dan VF33 akan ditawarkan dengan 2 pilihan penggerak yakni motor listrik serta bensin. Seperti dilaporkan Autoblog, keduanya dipastikan akan dijual ke Amerika Serikat dan kabarnya sudah memenuhi standar keselamatan dari NHTSA sebagai syarat untuk dijual di sana.

Jika tidak aral melintang, VinFast VF32 dan VF 33 akan mulai berlalu lalang di jalan-jalan Amerika Serikat pada 2022.

Pertanyaannya, lalu bagaimana nasib mobil nasional Indonesia?. Mudah-mudahan akan segera ada kabar baik di masa mendatang. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar