Proton Bakal Bantu Indonesia Bikin Mobil Nasional

Mobil Baru

Proton Bakal Bantu Indonesia Bikin Mobil Nasional

SUBANG JAYA - Kabar mengejutkan datang dari Malaysia. Indonesia akan menggandeng Proton untuk mengembangkan mobil nasional Indonesia.

Entah apa yang ada dipikiran orang dekat presiden Joko Widodo, Hendropriyono ketika menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Proton Holdings Bhd untuk mengembangkan dan membangun mobil nasional Indonesia.

Hendropriyono di bawah payung PT Adiperkasa Citra Lestari menandatangani MoU di Proton Centre. PT Adiperkasa Citra Lestari adalah perusahaan yang didukung oleh pemerintahan saat ini.

Momen penandatanganan antara Hendropriyono dengan CEO Proton Datuk Abdul Harith Abdullah itu bahkan disaksikan langsung Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, Chairman Proton Tun Dr Mahathir Mohamad dan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Proton mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua perusahaan akan melakukan studi kelayakan dan menjelajahi beberapa bidang kerjasama. Jika penelitian menunjukkan proyek ini layak, perusahaan akan menandatangani perjanjian usaha patungan.

Mahathir Mohamad mengatakan bahwa penelitian ini diharapkan akan selesai dalam enam bulan. "Kami ingin memanfaatkan kerjasama dengan Indonesia untuk memperluas dan menjadikan sebuah mobil ASEAN," kata Mahathir seperti dikutip ABC News.

CEO PT Adiperkasa Abdullah Mahmud Hendropriyono mengatakan bahwa mobil nasional akan menjadi fokus utama bagi Indonesia untuk membantu memacu industri otomotif dan meningkatkan pengetahuan teknis Indonesia. 

Proton menurut Mahathir harus siap berinvestasi di Indonesia dan tidak menghasilkan uang di tahap awal. Tapi bila di lihat jangka panjang, proyek ini terlihat sangat menggiurkan. Belum diketahui model mobil apa yang akan dikembangkan bersama. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual