Esemka Minim Pergerakan, Mobil Vietnam VinFast Beli Trek di Australia

Berita Otomotif

Esemka Minim Pergerakan, Mobil Vietnam VinFast Beli Trek di Australia

HANOI – Saat Esemka masih minim pergerakan, merek mobil Vietnam VinFast membuat langkah agresif selanjutnya dengan membeli trek pengetesan di Australia.

Usia VinFast baru seumur jagung. Dari sisi produk, mereka baru mulai perakitan kendaraan pada pertengahan 2019 di pabrik Hai Pong tapi sudah memperkenalkan empat model yaitu sedan LuxA2.0, SUV Lux SA2.0 serta hatchback Fadil maupun SUV President.


Mereka pun sedang mengembangkan SUV listrik sebagai senjata ekspansi ke Amerika Serikat pada 2021.

Langkah agresif selanjutnya dari VinFastmenurut Carscoops pada Rabu (16/9/2020), adalah membeli proving ground (trek pengujian mobil) di Lang Lang, Victoria. Fasilitas itu mereka akuisisi dari General Motors Holden.

Kesepakatan di antara keduanya terjadi minggu lalu. Akuisisi tersebut VinFast lakukan sebagai salah satu bagian strategi untuk ekspansi global, yaitu memastikan aktivitas riset dan pengembangan berjalan dengan baik.


Fasilitas ini sendiri terbentang seluas 872 hektare. Trek Lang Lang merupakan salah satu pusat pengujian mobil tertua sekaligus paling modern di dunia, berkat perombakan yang terjadi pada 2018 silam.

Di dalamnya terdapat jalan sepanjang lebih dari 44 km. Jalur tersebut ada yang diaspal dan tidak, untuk mensimulasikan berbagai kondisi medan yang bakal dilalui kendaraan dalam beragam skenario on-road maupun off-road.

Ada pula skid pan berdiameter 100 meter plus trek kecepatan tinggi berbentuk sirkular sepanjang 4,7 km.

Kelengkapan trek pengujian Lang Lang tak berhenti sampai di situ. Di dalam ruangan, terdapat laboratorium emisi gas buang yang digadang-gadang dapat memenuhi standar terketat di dunia sekali pun.


Sayangnya, VinFast tidak mengungkapkan berapa dana yang mesti mereka gelontorkan untuk membeli infrastruktur keren tersebut. Istilah yang mereka gunakan dalam pernyataan resmi mengenai banderolnya hanyalah ‘harga yang wajar’.

Sebagai bagian dari kesepakatan, GM Specialty Vehicles (GMSV) diizinkan tetap mengakses fasilitas itu untuk pengetesan maupun validasi enjiniring.

“Riset dan pengembangan produk VInFast sekarang memperlihatkan kemajuan pesat. Karena itu, memiliki fasilitas pengujian modern seperti di Lang Lang ini bakal amat membantu aktivitas kami. Banyak anggota tim VinFast yang ada saat ini direkrut dari Holden dan mereka senang sekali bisa lanjut bekerja di sini,” kata Kevin Yardley, Director VinFast Institute of Automotive Techology 2 R&D Center Melbourne. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar