Merek Mobil Vietnam VinFast Mau Masuk Amerika pada 2021, Esemka Gimana?

Berita Otomotif

Merek Mobil Vietnam VinFast Mau Masuk Amerika pada 2021, Esemka Gimana?

HANOI – Saat merek mobil Indonesia Esemka terlihat tak banyak pergerakan, merek mobil Vietnam VinFast sudah bersiap merambah pasar Amerika Serikat.

VinFast, seperti dilaporkan Motor1 pada Selasa (22/9/2020), berencana masuk pasar ‘Negeri Paman Sam’ pada 2021. Ambisi besar itu sendiri mereka umumkan ketika meluncurkan sport utility vehicle (SUV) mewah bernama President berharga nyaris Rp 3 miliar pada bulan ini.

Merek yang dimiliki oleh orang terkaya Vietnam Pham Nhat Vuong tersebut berniat masuk Amerika Serikat pada 2021. Mereka ingin mengekspor mobil listrik rakitan negeri sendiri yang sekarang masih dalam masa pengembangan.

Pham Nhat Vuong punya mimpi besar untuk VinFast. Ia jadikan merek Vietnam ini berkelas dunia.

Tantangan terbesar, menurut dia, adalah produk-produk Vietnam merek yang internasional. Vietnam masih dianggap sebagai negara miskin dan belum maju.

“Kami harus menemukan jalan kami menuju pasar dan membukktikan produk kami merepresentasikan Vietnam yang dinamis, terus berkembang, dan telah memenuhi standar tertinggi dunia,” ucap sang konglomerat.

Vuong dengan berani menginvestasikan USD 2 juta untuk rencana tersebut. Gilanya, duit sebanyak itu datang dari kantong pribadinya, bukan dari kas perusahaan.

VinFast sendiri pertama kali memperkenalkan diri pada 2018. Mereka lalu mengintroduksi dua produk hasil desain Pininfarina, sedan Lux A2.0 serta SUV Lux SA2.0, dalam Paris Motor Show 2018 dengan mengundang David Beckham. Hatchback bernama Fadil kemudian meluncur pada 2019.

SUV President menjadi model keempat VinFast. Kendaraan ini diproduksi dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 500 unit.

Versi konsep dari President sudah pernah mereka pamerkan dalam Geneva Motor Show 2019, dengan nama Lux V8.

Mobil-mobil mereka dibuat dengan komponen yang disuplai berbagai merek global seperti BMW maupun General Motors. President, contohnya, dibangun di atas platform X5 generasi lama yang juga dipakai oleh Lux SA2.0.

Di balik kap depan, terdapat mesin bensin dari GM berkapasitas 6.2-liter V8 dengan daya 420 hp serta torsi 624 Nm. Mesin dijodohkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan plus sistem penggerak empat roda.

Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai dalam 6,8 detik dengan kecepatan puncak 300 km per jam.

Indonesia sebenarnya punya merek mobil lokal, misalnya saja Esemka. Tapi, sejak meresmikan pabrik di Boyolali pada 2019 dan merilis pikap kecil bernama Bima, kabar Esemka timbul dan tenggelam bahkan hampir tak terdengar lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar