Mobilnya Disebut Mirip Mazda, Ini Jawaban dari MG Indonesia

Berita Otomotif

Mobilnya Disebut Mirip Mazda, Ini Jawaban dari MG Indonesia

JAKARTA – Morris Garage (MG) akhirnya buka suara mengenai anggapan sebagian orang di Indonesia mengenai kemiripan antara mobil mereka dengan model-model Mazda.

MG, pendatang baru di pasar otomotif Tanah Air, merilis sport utility vehicle (SUV) bernama ZS sebagai model perdana mereka pada 24 Maret 2020. SUV ini berkapasitas lima penumpang dengan harga on-the-road Jakarta Rp 200 juta-an.

ZS tidak bakal sendirian tahun ini. MG berencana meluncurkan dua model lagi sebelum November mendatang.

Lebih lanjut, setelah foto-foto ZS beredar di internet, salah satu respons dari para warganet adalah kemiripan desainnya dengan model-model SUV milik Mazda. Ini dipicu oleh desain berbagai aspek di fascia depan seperti kap mesin, bentuk lampu depan, dan gril.

Persoalan ini disinggung dalam diskusi virtual bertajuk ‘Ngobral’ antara Mobil123.com dengan Arief Syarifudin selaku Marketing and PR Director PT. SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia). Ia pun menegaskan bahwa MG tidak punya intensi untuk meniru Mazda.

MG, menurut Arief, sudah punya pusat desain di Inggris. Tiap lekuk dari mobil-mobil MG direka oleh para desainer otomotif di sana.

“Bicara soal anggapan mirip (dengan Mazda), terima kasih sudah dimirip-miripkan. Saya cukup berterimakasih. Mungkin, satu hal yang perlu saya jelaskan di sini adalah Pusat Desain kami itu ada di Birmingham, Inggris. Artinya, kami sudah punya layer (lapisan) atau pattern (pola) dari seluruh desain produk kami,” papar dia dalam diskusi yang disiarkan di akun Facebook Mobil123.com itu pada Rabu (17/6/2020).

MG sendiri  memang merek mobil yang lahir di ‘Negeri Ratu Elizabeth’ itu. Akan tetapi, mereka sudah diakuisisi secara penuh oleh grup otomotif China SAIC Motor.

Itu pula alasan mengapa operasi bisnis MG di Nusantara berada di bawah perusahaan  yang mengatasnamakan SAIC Motor. SAIC Motor juga memiliki merek Wuling yang telah lebih dulu berjualan di negara ini sejak 2017, setelah beberapa tahun sebelumnya membangun pabrik di Cikarang, Bekasi.

MG saat ini masih mengimpor ZS secara utuh dari pabrik mereka di Thailand. Akan tetapi, pengurus asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi bisa saja di masa depan mereka menumpang produksi di pabrik Wuling Cikarang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar