MG Berani Masuk Indonesia dengan Dukungan Langsung dari China

Berita Otomotif

MG Berani Masuk Indonesia dengan Dukungan Langsung dari China

JAKARTA – Morris Garage (MG) mengakui masuk Indonesia dengan sokongan penuh dari grup otomotif China yaitu SAIC Motor Corporation Limited.

Sekadar mengingatkan, pada 5 Maret 2020 kemarin MG mengumumkan kehadiran mereka secara resmi di Indonesia, juga rencana memiliki 25 dealer sampai akhir tahun ini. Sport utility vehicle (SUV) bernama ZS dipastikan akan menjadi model pertama mereka di Indonesia, tapi detail waktu peluncurannya masih disimpan rapat-rapat.

Salah satu eksekutif mereka mengatakan mereka masuk ke negeri ini atas nama PT. SAIC Motor Indonesia (SMI). Tidak ada kerja sama dengan korporasi lokal.

“Langsung dari prinsipal di China, iya,” aku Arief Syarifudin, Marketing and PR Director SMI, menjawab pertanyaan wartawan usai konferensi pers.

MG merupakan merek mobil yang lahir di Inggris pada 1924. Kantor pusat mereka saat ini berada di Birmigham.

Akan tetapi, sejak 2000-an, MG diambilalih oleh Nanjing Automobile Group yang kemudian menjadi SAIC Motor Corporation Limited. SAIC memiliki merek-merek lokal seperti Wuling, Baojun, dan berkolaborasi pula dengan MG maupun pabrikan Amerika Serikat General Motors (GM) untuk berbagi platform, komponen, serta produksi kendaraan.

Adapun Wuling telah masuk Indonesia terlebih dahulu. Mereka membangun pabrik di Cikarang, Bekasi yang mulai beroperasi sejak 2017, tahun yang sama ketika Wuling memulai penjualan di negeri ini.

Tak heran, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat diwawancarai di sela-sela pameran GIICOMVEC 2020, memperkirakan di masa depan MG akan menggunakan fasilitas perakitan milik Wuling tersebut untuk membuat mobil secara lokal. MG sendiri telah mengakui punya niat untuk merakit secara lokal pada masa depan, tapi tidak menjelaskannya secara detail.

Pabrik Wuling Cikarang saat ini memproduksi seluruh model yang merek tersebut jual di pasar otomotif Nusantara yakni Confero, Cortez, Formo, Almaz. Mereka juga memproduksi Chevrolet Captiva, SUV milik GM yang berbagi platform dengan Almaz, untuk pasar ekspor. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar