Masih Bersaudara, Ini Dukungan Pertama Wuling untuk MG di Indonesia

Berita Otomotif

Masih Bersaudara, Ini Dukungan Pertama Wuling untuk MG di Indonesia

JAKARTA – Wuling langsung menunjukkan dukungannya terhadap saudara mereka, MG, di Indonesia. Sektor pertama yang mereka sokong adalah leasing (pembiayaan).

Seperti diketahui, MG merupakan 'anak baru' di pasar otomotif Indonesia, yang mengumumkan kehadiran mereka pada 5 Maret 2020 kemarin. Kemudian, pada 24 Maret 2020, mereka meluncurkan sport utility vehicle (SUV) bernama ZS secara virtual, karena pandemi virus Corona (Covid-19).

MG merupakan merek yang lahir di Inggris. Akan tetapi, mereka sudah diakuisisi secara penuh oleh grup otomotif asal China SAIC Motor yang juga memiliki merek Wuling.  Bahkan, MG beroperasi di Indonesia di bawah PT. SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia).

Wuling sendiri sudah lebih dulu masuk dan menjual mobil di Tanah Air sejak 2017 di bawah PT. SAIC General Motor Wuling (SGMW) Indonesia. Tak hanya berjualan, Wuling juga telah mendirikan perusahaan pembiayaan mereka sendiri.

Arief Syarifudin, Marketing and PR Director SMI, mengatakan bahwa MG telah didukung oleh beberapa perusahaan pembiayaan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen untuk pembelian secara kredit. Salah satunya yang ia sebut adalah perusahaan pembiayaan milik Wuling di negeri ini.

“Kami punya partner perusahaan pembiayaan seperti MTF (Mandiri Tunas Finance), Maybank Finance, lalu juga SGMW Finance. Mereka juga sangat kooperatif untuk berkolaborasi,” ucap dia dalam diskusi virtual bertajuk ‘Ngobral’ di laman Facebook Mobil123.com pada Rabu (17/6/2020).

Sebagai informasi, SGMW atau Wuling Finance berdiri sejak 18 September 2018. Para pemegang saham utama dari perusahaan pembiayaan ini adalah SAIC Motor HK Investment Limited, General Motors Financial Company, PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, dan Sinarmas Multiartha.

Ada dua ruang lingkup bisnis yang Wuling Finance jalankan. Selain menyediakan pembiayaan angsuran ritel untuk pembelian mobil oleh konsumen dari dealer, Wuling Finance juga memberikan pinjaman kepada dealer untuk tujuan pembelian mobil atau fasilitas untuk operasi.

Di samping mempunyai perusahaan pembiayaan sendiri, Wuling juga telah membangun pabrik di Cikarang, Bekasi. Ada yang memprediksi bahwa di masa depan, MG juga akan memanfaatkan pabrik itu untuk melakukan perakitan lokal.

Sejauh ini, MG masih mengimpor secara utuh (Completely Built-Up/CBU) SUV ZS dari pabrik mereka di Thailand. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar