MG Diprediksi Akan Numpang Rakit Mobil di Pabrik Wuling Cikarang

Berita Otomotif

MG Diprediksi Akan Numpang Rakit Mobil di Pabrik Wuling Cikarang

JAKARTA – Merek mobil Inggris yang baru masuk Indonesia yaitu Morris Garage (MG) diprediksi bakal memanfaatkan fasilitas perakitan milik merek mobil China, Wuling, yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memprediksi MG ke depannya akan mendayagunakan fasilitas perakitan milik Wuling yang berada di Cikarang, Bekasi. Pasalnya, keduanya berada di satu grup otomotif raksasa di China, SAIC.

Sebagai informasi, MG, meski lahir di Inggris pada 1924, sejak pertengahan dekade 2000-an telah diakuisisi Nanjing Automobile Group yang kemudian menjadi SAIC Motor Corporation Limited. SAIC memiliki merek-merek lokal seperti Wuling, Baojun, dan berkolaborasi pula dengan MG maupun pabrikan Amerika Serikat General Motors (GM) untuk berbagi platform, komponen, serta produksi kendaraan.

Di Indonesia, Wuling mulai berjualan sejak 2017. Mereka sudah masuk beberapa tahun sebelum itu dan bertindak serius dengan mendirikan pabrik di Cikarang.

“MG kemungkinan akan menggunakan pabrik Wuling di Indonesia... MG masuk Indonesia juga dengan nama PT. SAIC,” ucap Nangoi ketika diwawancarai di sela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 pada 5 – 8 Maret kemarin di Senayan, Jakarta.

Sekadar mengingatkan, pada Kamis (5/8/2020), MG secara resmi mengumumkan kehadiran mereka di Tanah Air. Sebelum ini, sejak awal 2020, mereka telah aktif di jagad digital. Akun resmi MG Indonesia telah hadir di berbagai platform media sosial seperti Facebook maupun Instagram.

Sport utility vehicle (SUV) MG ZS dipastikan sebagai model pertama yang akan meluncur di Nusantara. MG bakal menjual mobil-mobil impor utuh, tapi mengaku juga memiliki niat melakukan perakitan lokal.

Salah satu eksekutif agen pemegang merek MG di Tanah Air, ketika diwawancarai di sela-sela acara, mengonfirmasi nama resmi perusahaan mereka adalah PT. SAIC Motor Indonesia (SMI). Akan tetapi, dia mengatakan bahwa rencana detail mengenai perakitan lokal masih dalam kalkulasi.

“Kalau bicara itu (produksi di Indonesia), kami sekarang sedang melakukan kalkulasi bisnis dan itu tergantung dari pasar, penerimaannya terhadap produk kami seperti apa,” tukas Arief Syarifudin, Marketing and PR Director SMI.

Pabrik Wuling di Cikarang berkapasitas produksi 120 ribu unit setahun. Fasilitas ini membuat empat model untuk pasar dalam negeri (Wuling Confero, Wuling Cortez, Wuling Formo, Wuling Almaz) plus satu model yang berbagi platform dengan Almaz untuk ekspor (Chevrolet Captiva). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar