Mobil88: Jumlah Kunjungan Turun Tapi Penjualan Lebih Efektif

Berita Otomotif

Mobil88: Jumlah Kunjungan Turun Tapi Penjualan Lebih Efektif

JAKARTA – Mobil88 mengakui bahwa jumlah kunjungan masyarakat yang mencari mobil bekas di dealer mereka turun drastis.

Hal ini disampaikan oleh Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88. Berdasarkan data yang Ia miliki, penurunan jumlah kunjungan mencapai 70% dibandingkan sebelum adanya wabah pandemi Covid-19.

“Dari Maret sudah mulai turun. Bila kunjungan rata-rata ke dealer bisa 10 orang, maka di bulan Maret menjadi hanya 3 orang. Tapi yang datang kebanyakan justru merupaka serius. Karena dari 3 orang yang datang, 2 di antaranya membeli kendaraan. Oleh karena itu, walaupun jumlah kunjungan drop, penjualan hanya turun sekitar 30%,” terangnya.

Ia pun menambahkan bahwa penurunan penjualan sebesar 30% di bulan Maret tersebut memang terbilang mirip dengan yang terjad dengan mobil baru. Gaikindo sendiri memperkirakan penjualan kendaraan baru akan mengalami penurunan sebesar 40%.

Namun pada bulan April, jumlah kunjungan dan penjualan diperkirakan akan kembali mengalami penurunan. Hal ini karena sejumlah wilayah khususnya DKI Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Bisnis kami bukanlah yang dikecualikan Pemerintah, jadi kini kami semuanya Work From Home. Kalaupun masyarakat mau ke dealer itu harus melakukan perjanjian terlebih dahulu dan melalui protokol kesehatan,” ungkapnya.

Meski demikian bukan berarti Mobil88 berdiam diri. Pasalnya mereka memberi kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan test drive dan pembelian kendaraan langsung di rumah. Inovasi ini sama dengan yang dilakukan untuk penjualan mobil baru.

“Jadi dengan kemudahan ini masyarakat tetap bisa mendapatkan kendaraan yang diinginkan tanpa harus keluar rumah,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar