Mobil Perdesaan Astra Otoparts Kemungkinan Dibanderol Rp 60 Juta

Berita Otomotif

Mobil Perdesaan Astra Otoparts Kemungkinan Dibanderol Rp 60 Juta

JAKARTA – Mobil perdesaan PT. Astra Otoparts nantinya diusahakan untuk dijual dengan harga serendah mungkin, dengan perkiraan di sekitar Rp 60 juta.

Astra Otoparts menggarap proyek mobil perdesaan melalui dua anak perusahaannya, PT. Velasto Indonesia dan PT. Ardendi Jaya Sentosa, yang membentuk joint venture atau perusahaan patungan dengan PT. Kiat Inovasi Indonesia. Terdapat dua perusahaan patungan yang didirikan yakni PT. Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sebagai produsen serta PT. Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) selaku penjual.

Direktur Utama PT. Kiat Inovasi Indonesia Sukiyat mengatakan bakal berusaha menawarkannya ke pasar dengan kisaran harga Rp 60 juta. Mereka sendiri saat ini masih memperhitungkannya.

“Kita sedang usahakan harganya mengarah ke Rp 60 juta walaupun hari ini masih banyak hal yang sedang kita usahakan. Ini karena harga sangat berbanding lurus dengan volume, sedangkan hari ini kita tahu baru prospek pasarnya,” tambah Direktur PT. Velasto Indonesia Reiza Treistanto usai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara dua anak perusahaan Astra Otoparts dengan PT. Kiat Inovasi Indonesia, Selasa (27/3/2018) di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Penandatanganan tersebut dilakukan di hari pembukaan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) Summit and Exhibition. AMMDes sendiri merupakan sebutan resmi dari pemerintah untuk program mobil perdesaan.

Lebih lanjut, Reiza meyakini prospek mobil perdesaan sangat besar. Pasalnya, Indonesia memiliki sekitar 70 ribu desa.

“Sekarang tinggal tergantung berapa penyerapan dari masing-masingnya,” tukasnya.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, mobil perdesaan garapan Grup Astra saat ini masih dalam proses pembuatan prototipe dan pengujian secara paralel. Prototipe diharapkan sudah selesai dibuat pada Juli mendatang.

Tahap praproduksinya kemungkinan dilakukan pada akhir tahun, sedangkan perakitan massalnya ditargetkan pada awal 2019. Mobil perdesaan KMW akan diproduksi di dua lokasi yaitu Klaten dan Bekasi dengan kapasitas produksi total 3.000-6.000 unit per tahun. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support