Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Astra Otoparts Investasi Rp 300 Miliar untuk Bikin Mobil Perdesaan

Berita Otomotif

Astra Otoparts Investasi Rp 300 Miliar untuk Bikin Mobil Perdesaan

JAKARTA – PT. Astra Otoparts, melalui dua anak usahanya, membentuk joint venture atau perusahaan patungan dengan PT. Kiat Inovasi Indonesia. Investasi Rp 300 miliar juga digelontorkan untuk membuat mobil perdesaan yang kini disebut Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes).

Wacana mobil perdesaan sudah dilambungkan sejak 2016 oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Institut Otomotif Indonesia. Pada awal 2017, keduanya sempat membuat kompetisi antar universitas untuk mencari desain mobil konsep perdesaan, prototipenya pun kemudian sudah dipamerkan pada tahun tersebut, tapi setelah itu tak terdengar lagi kabarnya.

Dua anak perusahaan Astra Otoparts yakni PT. Velasto Indonesia dan PT. Ardendi Jaya Sentosa, pada Selasa (27/3/2018), lalu mengumumkan  pembentukan perusahaan patungan dengan perintis mobil Esemka PT. Kiat Inovasi Indonesia. Publikasi dilakukan di hari pembukaan acara Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Summit and Exhibition di Gedung Kemenperin, Jakarta.

Ketiga pihak pada kesempatan yang sama juga menandatangani nota kesepahaman. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut menyaksikan seremoni tersebut.

Terdapat dua perusahaan patungan yang nantinya didirikan. Satu bertindak sebagai produsen, sementara lainnya adalah distributor.

“Dua perusahaan patungan yang akan segera didirikan tersebut nantinya adalah PT. Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sebagai perusahaan perancang, perekayasa, dan produsen AMMDes. Satu lagi adalah PT. Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) sebagai perusahaan yang memasarkan, menjual, mendistribusikan suku cadangnya, serta menyediakan layanan dukungan teknis pascapenjualan,” papar Direktur PT. Velasto Indonesia Reiza Treistanto.

Ia lalu menyatakan modal Rp 300 miliar bakal dibenamkan di tahap pertama. Meski demikian, tidak disebutkan komposisi investasi antara PT. Velasto Indonesia, PT. Ardendi Jaya Sentosa plus PT. Kiat Inovasi Indonesia.

Airlangga berharap mobil perdesaan gubahan anak perusahaan Astra Otoparts bisa membantu membangun perekonomian di desa-desa, memperlancar logistik, dan  memperkuat konektivitas barang maupun penumpang dari desa ke kota. Ia juga mengatakan ada tiga syarat agar mobil perdesaan dapat benar-benar bisa bermanfaat.

“Syaratnya tentu harga serta distribusi terjangkau dan suku cadang tersedia,” ucap Ketua Umum Partai Golkar ini. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang