Mobil Perdesaan AMMDes Terlihat Kuno, Tapi Diklaim Amat Tangguh

Berita Otomotif

Mobil Perdesaan AMMDes Terlihat Kuno, Tapi Diklaim Amat Tangguh

TANGERANG - Mobil perdesaan, yang disebut juga sebagai Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes), memiliki tampilan eksterior dan interior yang mengingatkan pada mobil komersial di era 1970-an. Akan tetapi, mobil ini punya satu fitur ciamik yaitu Differential Lock dan performanya secara keseluruhan diklaim amat tangguh.

Desain eksterior AMMDes sebagai mobil murah Rp 70 juta untuk ekonomi perdesaan, berdasarkan pengamatan Mobil123.com dalam AMMDes Summit 2019 di Serpong, Tangerang pada Senin (15/4/2019) sama sekali tidak menarik. Pengelasan bodi terlihat kasar dan bunyi pintu ketika terdengar amat sangat kasar.

Sektor jendela tidak memiliki kaca. Sebagai gantinya, diberikanlah penutup plastik yang digulung ke atas seperti Toyota Kijang generasi awal.

Interiornya cuma dilengkapi dua kursi kecil berbusa tipis di ruang kabin penumpang berukuran pas-pasan. Meter cluster kecil berbentuk bundar terletak di tengah dasbor dengan kelengkapan speedometer analog plus satu layar digital hitam-putih kecil.

Sasis bagian belakang mobil perdesaan AMMDes dibiarkan terbuka dan bisa mengaplikasikan berbagai alat pendukung kegiatan ekonomi perdesaan. Hingga kini ada 10 varian untuk 10 aplikasi mulai dari pompa irigasi, generator, sampai mesin penjernih air.

Berdasarkan data spesifikasi, kendaraan garapan perusahaan patungan PT. Astra Otoparts dengan PT. Kiat Inovasi Indonesia ini memiliki dimensi panjang, lebar, tinggi masing-masing ialah 3.640 mm, 2.016 mm, 2.000 mm. Ground clearance berukuran 192 mm dengan axis wheel 1.910 mm.

Sektor powertrain mengandalkan mesin diesel satu silinder 650 cc bertenaga 14hp di 3.000 rpm plus transmisi tiga percepatan. Kecepatan maksimal hanya 30 km/jam

 Kendaraan bermerek KMW itu diklaim sudah menjalani uji durabilitas 2x200 jam. Pengetesan dilakukan di medan ekstrem agar kelak tidak ada masalah saat digunakan di kondisi sebenarnya.

Sistem penggeraknya sendiri ada di roda belakang dan dilengkapi Differential Lock layaknya mobil-mobil off-road kekinian. Fitur ini berfungsi sebagai pengunci roda belakang sehingga dapat bergerak secara bersamaan untuk menambah traksi saat melintasi medan off-road dan berbukit.

Sistem pengereman kendaraan dengan radius putar 4,2 m ini menggunakan rem cakram hidrolik di depan plus belakang. Suspensi depan menggunakan Double Arm, sedangkan suspensi belakangnya Tralling Arm.

Fitur lainnya adalah Power Take-Off (PTO). Ini membuat pengaplikasiannya bisa sangat beragam untuk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, sampai untuk kendaraan tanggap darurat bencana.

“Komponen lokal AMMDes sudah lebih dari 70 persen. Untuk muatan penuhnya bisa mencapai 700 kg dan variasi kemiringan 20 hingga 30 derajat. AMMDes dilahirkan karena melihat infrastruktur atau jalan desa, sehingga dapat dimanfaatkan di jalan yang sangat ekstrim," ucap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian yang hadir dalam AMMDes Summit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support