Mitsubishi Recall 2.330 Delica dan Outlander Sport di Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Recall 2.330 Delica dan Outlander Sport di Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi melakukan recall (penarikan dan perbaikan massal) bagi lebih dari 2.000 unit Delica plus Outlander Sport di Indonesia karena potensi masalah pada Engine Electronical Power Control Relay/Engine Electronic Control Unit (ECU) Relay.

Mitsubishi, melalui keterangan resmi yang dikirimkan kepada Mobil123.com, akan memulai recall Delica serta Outlander Sport pada Rabu (27/2/2019). Adapun yang terkena adalah Delica maupun Outlander Sport tahun produksi 205 – 2016.

Sebagian besar di antaranya adalah Outlander Sport dengan jumlah 1.650 unit. Sementara Delica berjumlah 680 unit.

Dengan demikian, total unit untuk keduanya adalah 2.330 unit. Mitsubishi melakukan recall sebagai wujud kepatuhan terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Irwan Kuncoro, Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan program kampanye perbaikan dua model di atas merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan. Ini juga perwujudan komitmen untuk memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas, termasuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

“Terbukti walaupun model kendaraan Delica sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI, komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti kampanye perbaikan ini,” tandas dia.

Mitsubishi menegaskan recall dilakukan tanpa adanya pungutan biaya. Dealer-dealer resmi merek berlogo tiga berlian itu akan pula mengirimkan surat undangan perbaikan.

Perbaikan 30 Menit
Potensi masalah pada ECU Relay menyebabkan mesin mobil dapat mati dan tak dapat dihidupkan lagi jika itu terjadi. Sejauh ini, belum ada laporan insiden yang disebabkan oleh isu ECU Relay Delica maupun Outlander.

Mitsubishi bakal mengganti ECU Relay lama dengan suku cadang baru yang sudah menggunakan komponen material internal lebih kuat. Waktu perbaikan diperkirakan memakan waktu sekitar 30 menit.

Konsumen dapat melakukan service booking dengan menghubungi dealer resmi terdekat untuk kemudahan proses penggantian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar