Mitsubishi Klaim Dealer Sudirman yang Menempel Dealer Toyota Sebagai Kebetulan

Berita Otomotif

Mitsubishi Klaim Dealer Sudirman yang Menempel Dealer Toyota Sebagai Kebetulan

CILEGON – Mitsubishi mengklaim dealer baru mereka di Sudirman yang bersebelahan dengan dealer Toyota tidak disengaja.

Dealer di Wisma Keiai tersebut adalah jaringan penjualan dan purnajual kendaraan penumpang serta niaga ringan ke-124 Mitsubishi di Indonesia. Saat ini, Mitsubishi sudah memiliki 125 dealer dan masih ada ‘pekerjaan rumah’ 18 outlet lagi untuk mencapai target 143 dealer hingga akhir tahun fiskal 2018, Maret mendatang.

Menariknya, dealer ini berdamping-dampingan dengan dealer Auto2000 Toyota. Hal ini mengingatkan strategi ‘tempel-menempel di sektor industri makanan cepat saji serta industri retail seperti antara McDonald’s dengan Kentucky Fried Chicken atau Alfamart dengan Indomaret.

Namun, menurut Setia Hariadi selaku Head of Dealer Development PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), lokasi dealer Sudirman yang menempel dealer Toyota tak sengaja. Mereka berada di sana bukan untuk mengikuti di mana Toyota berada.

Ia menjelaskan bahwa penempatan dealer di Wisma Keiai sangat erat kaitannya dengan strategi Mitsubishi Xpander mempenetrasi pasar fleet (konsumen korporasi).

“Di sana (Wisma Keiai) 90 persen okupansinnya adalah dari perusahaan-perusahaan Jepang. Mereka punya hubungan sangat kuat dengan Mitsubishi,” ucap Setia menjawab pertanyaan Mobil123.com di konferensi pers pembukaan dealer ke-125 di Cilegon, Banten, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).

Pasar fleet yang bisa diraup dari area Sudirman dan sekitarnya juga sangat potensial, baik dari sektor retail maupun fleet. Banyak sekali perusahaan multinasional berkantor pusat di sana.

“Kami melihat potensi area Sudirman. Okupansi para pekerjanya cukup besar. Kemudian, di sana terdapat konsumen-konsumen fleet dari perusahaan multinasional seperti Sinarmas, Bank BRI, Bank BCA. Bahkan, mungkin 80 persen kantor pusat perusahaan multinasional berada di Sudirman. Kami mau tangkap area itu untuk meningkatkan ekspansi kami di pasar fleet,” papar Setia lagi.

Dia menjelaskan, jika ada kesempatan untuk menempel dealer Toyota yang lain, belum tentu hal itu dilakukan.

“Kami melihatnya sebagai peluang, tapi belum kami akan mengekor Auto2000. Tidak seperti itu,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support