Mitsubishi Xpander Diklaim Ungguli Toyota Avanza pada Januari 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Diklaim Ungguli Toyota Avanza pada Januari 2019

JAKARTA – Mitsubishi Xpander diklaim menjadi pemimpin di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), yang artinya berada di atas Toyota Avanza, pada bulan pertama 2019.

Mitsubishi, melalui keterangan resmi pada Selasa (26/2/2019), mengklaim Xpander berhasil membukukan penjualan wholesales 5.708 unit pada Januari 2019. Volume ini naik 48 persen jika dibandingkan Desember 2018 dan meraih kini meraih pangsa pasar 35,7 persen di segmennya.

Sementara, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), performa model andalan Mitsubishi tersebut turun 19,37 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Januari 2018, distribusi Xpander dari pabrik ke dealer mencapai 7.079 unit.

Lebih lanjut, salah satu pesaing terberat Avanza tersebut pada Januari 2019 mampu menjadi tulang punggung penjualan mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi. Kontribusinya mencapai 48 persen atau hampir separuh dari total penjualan merek berlogo tiga berlian ini.

“Dengan kondisi persaingan di segmen small MPV yang makin ketat melalui diluncurkannya berbagai produk penyegaran dan model baru dari kompetitor, Xpander terbukti tetap menjadi pilihan utama konsumen dengan segala fitur terbaik, layanan purna jual dan kemudahan serta manfaat dalam proses kepemilikan,” jelas Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Para pesaing Xpander memang bergerak cepat pada awal tahun. Secara total sudah ada lima model penyegaran LMPV, baik yang major change maupun minor change, sejak Januari hingga hari ini.

Dimulai dari Avanza serta Daihatsu Xenia facelift pada Januari. Kemudian, model-model lain seperti Suzuki Ertiga, All-New Livina, hingga Honda Mobilio mengikuti.

Sekadar kilas balik, Xpander pada 2018 terjual 75.075 unit (wholesales), naik 474,41 persen jika dibandingkan 2017. Model yang meluncur pada Agustus 2017 ini menjadi LMPV terlaris kedua, setelah pada sembilan bulan pertama berhasil mengungguli Avanza. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support